[nasional_list] [ppiindia] Re: Sekali lagi, Adam bukan Islam dan bukan orang Arab!

  • From: "RM Danardono HADINOTO" <rm_danardono@xxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Thu, 24 Nov 2005 09:05:59 -0000

http://informasi-beasiswa.blogspot.com **Mungkin, justeru karena mas Radityo
terbiasa berfikir kritis ilmiah,
maka timbul allergi terhadap tulisan yang dangkal semacam itu.

Memang, siapapun, yang membayangkan sosok "Adam" secara harfiah, akan
terbentur jutaan pertanyaan yang sulit dijawab. Pendekatan secara
biologis memang tak mungkin, karena memang tak mungkin sebuah
fenomena biologis timbul begitu saja.

Kita lihat saja, bagaimana tak ada kesepakatan dalam Kitab Suci kaum
Semit sendiri. Dalam Islam bapak Adam ini digelari jabatan nabi,
sedangkan dalam Kitab Injil dan juga Taurat, dia adalah seorang
pendosa yang diusir sang Pencipta karena ngawur.

Bahasa, kita semua tahu, takkan mungkin muncul dalam beberapa hari,
minggu atau bulan. Ber-puluh atau ratusan tahun. Karena itu, mustahil
seseorang, siapapun dia, demikian muncul, lalu menguasai bahasa,
tanpa mempelajarinya dari kecil. Kalau bahasa itu belum ada? ya harus
muncul secara bertahap.

Agama? sami mawon. Kristus tak pernah dengar istilah "Kristen"
atau "Nasrani" atau yang mirip ini. Dia juga tak pernah mengatakan
istilah ini. Jadi, mengatakan bahwa Kristus adalah Kristen juga
kurang ilmiah. Jadi, tak ada orang Kristen sebelum Kristus,
sebagaimana tak ada orang beragama Yahudi, sebelum bangsa ini ada.

Tak ada warganegara Indonesia sebelum 17 Agustus 1945. Tak ada yang
berbicara bahasa Indonesia sebelum itu, juga kala Sumpah Pemuda 1928
belum. Bahasa ini baru digagas.

Karena itu, semua attribut yang disebut dalam tulisan bang Sutyoso,
mengenai sang Adam, anggap saja acara hiburan yang ceria.

Apa kata kamus?

salam

--- In ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx, Satrio Arismunandar
<satrioarismunandar@xxxx> wrote:

> Wah..wah... saya terbengong-bengong, melihat Mas
> Radityo menyempatkan diri menulis panjang lebar untuk
> membahas isu yang semacam ini....
>
> Artinya, bagi Mas isu ini penting sekali and urgent,
> sehingga perlu dijawab panjang lebar....

> Yahoo! Mail - PC Magazine Editors' Choice 2005
> http://mail.yahoo.com

Help save the life of a child. Support St. Jude Children's Research Hospital.
http://us.click.yahoo.com/cRr2eB/lbOLAA/E2hLAA/BRUplB/TM