[nasional_list] [ppiindia] Re: Politisasi beragama.

  • From: "Lina Dahlan" <linadahlan@xxxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Tue, 15 Nov 2005 06:34:07 -0000

http://informasi-beasiswa.blogspot.com **--- In ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx,
"Alvin Daniel"
<alvindaniel_net@xxxx> wrote:

> mesti diingat ya,
> dulu juga islam dan kristen itu minoritas...tetapi mereka
> ekspansi ke negara2 lain dgn cara anarkis melalui penjajahan.
> sehingga agamanya mengakar di seluruh belahan dunia.

Yaa, inilah bagian dari politisasi beragama itu tapi bukan salah
Islamnya or Kristennya kan? Makanya kalau saya belajar agama itu
bukan belajar dari tingkah laku umatnya. Kalau tingkah laku yang
harus dipelajari, ya pelajari saja tingkah laku pembawa ajarannya
itu.

> karena sifat budha yg down to earth, maka mereka lebih lokal
> dan tidak 'pecicilan' kemana2 sprti kristen n islam.
> yg terpenting bagi mereka adl untuk kebaikan dan kedamaian
> pribadi, bukannya mencari pendukung....

Semua agama, bila kita mengambil ajaran moralnya..semua 'down to the
earth'. Yang membuat kita menjadi beranggapan agama itu 'pecicilan'
krn kita menilai tingkah umatnya kan? Agama itu cuma benda mati.
Yang membuat hidup adalah umatnya. Agama bisa dipolitisir, bisa
dijadikan alasan untuk apa saja karena dia benda mati.

> [...]
> dijadikan political device adalah kristen dan islam, sehingga
> pengikut mereka mbludak, meskipun banyak jg mengikuti
> agama2 tsb untuk kebaikan pribadi...
>
> memang semua agama mengajarkan kebaikan, tapi semua
> agama jg mempunyai separatis yg punya kepentingan sendiri2
> utk mengangkat kelompoknya ke strata yg lebih tinggi:
> macan tamil, hizbulah, chechnya, GAM, tupac amaru, ETA, dll...
> dilihat dr akar budaya mereka jg kelompok beragama yg fanatik
> tapi akhirnya menyerang dan membunuh org2 yg ga ada
> hubungannya dgn perang politik mereka...

Yang separatis kan umatnya/manusianya. Yang mau mengakat ke strata
lebih tinggi juga pasti manusianya. Agama itu diem aja, mau dijadiin
apa juga. Agama itu gak punya keinginan apa-apa.

> menurut saya,
> janganlah agama manapun dijadikan landasan berpolitik
> karena pasti ada konflik kepentingan!
> dan belum tentu didlm agama yg sama, kepentingannya sama...
> agama adalah pemahaman untuk pribadi, kalaupun ada
> kelompok2/ forum beragama, itupun hanya sebatas level sosial
> bukan politik.
> sampai skg, kebanyakan negara2 di dunia masih
> menggunakan agama sebagai kendaraan politik mereka,
> apalagi negara2 asia tenggara/ negara dunia ketiga yg masih
> ketimuran...

Nah ini nasehat baik buat orang yang beragama.
Ini perlu ada musyawarah utk mufakat.

Buat saya yang tak berpolitik dan sangat awam, saya tak perduli
negara mau pilih demokrasi, teokrasi, agamakrasi, khalifah,
kerajaan, yang penting hidup mduah: cari kerja mudah, nyekolahin
anak gak susah, beribadah gampang...he..he...

http://us.click.yahoo.com/dpRU5A/wUILAA/yQLSAA/BRUplB/TM