[nasional_list] [ppiindia] Re: Pembunuhan Ketiga Soekarno

  • From: "RM Danardono HADINOTO" <rm_danardono@xxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Fri, 25 Nov 2005 07:01:12 -0000

http://informasi-beasiswa.blogspot.com **--- In ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx,
"Ikranagara" <ikra@xxxx> wrote:

> Kok saya merasakan kritik Bung Asvi, dan kemudian dukungan Bung
> Danardono ini, dasarnya adalah siapa penulisnya dan bukan (sekedar)
> apa yang ditulisnya. Bung Karno pun dipandang sebagai sekedar
simbol kramat/suci bangsa Indonesia saja, sebagai "Bapak Bangsa"
(sic!). Cara membaca teks seperti ini bisa bias.

---deleted--

> Ikra.-
> (Konsumer buku ttg sejarah Indonesia, tidak perduli siapa pun yang
> menulis, orang luar atau dalam negeri.)
>----------

DH: Saya setuju, sebagaimana tradisi ilmiah, bahwa these hendaknya
ditandingi dengan antithese, untuk menjadi synthese.

Pada dasarnya benar, saya juga setuju, sang pembaca tak (terlalu)
perduli, siapa atau dimana sang penulis, yang essential, apa yang
ditulis. Yap.

Kalau kita mengikuti tulisan Dake lebih teliti, kita segera lihat,
bahwa antara conclusio "Bung Karno biang kerok G30S", dan cara
mengambil kesimpulan, ada jurang yang lebar. Siapa yang menenal
situasi tahun 1964/65 dari sangat dekat, akan tahu, bahwa bung Karno
dalam konstellasi politis-militer kala itu, tak membutuhkan seorang
kolonel Untung.

Seluruh jajaran AL dan Marinir (kala itu KKO) dan AU lengkap dengan
semua squadron buru sergap di pangkalan Adisucipto,Jogyakarta dan
pembom taktis di pangkalan Iswahyudi, Madiun dan pasukan gerak cepat
mereka (kala itu PGT), yang teruji dalam operasi di Irian barat, ada
dibelakang bung Karno. Eh ya, juga ujung tombak Brimob/Kepolisian:
resimen  Pelopor di Kelapa Dua.

Saya kala itu berkantor didalam komplex istana, yakni sekretariat DPA
RI, jadi sempat mengikuti adegan dari dekat. Juga Bambang Widjanarko,
PATI Marinir itu, saya kenal dari dekat.Cukup, untuk dapat menilai
viability dari argument dari Dake.

Tidak selalu, pembaca TAK peduli siapa atau dimana sang penulis, kita
banyak pengalaman mengenai penulisan miring tentang Islam
dan "terrorisme" Islam, yang selalu datang dari pojok tertentu. Ini
sekedar contoh.

Tentu saja, kalau kita meneliti apa yang terjadi kala itu (atau apa
saja), kita harus men-demythology-kan sosok sejarah, seperti bung
Karno. Dalam hal ini beliau adalah seorang pelaku sejarah, tak perlu
disanjung sebagai ini itu, namun tak perlu dikutuk sebagai ini itu.

Detik bersejarah itu, bagi bung Karno, adalah titik sejarah dalam
perjalanan kemegahan politis militer: keberhasilan operasi Irian
Barat, dan operasi Ganyang Malaysia, yang sedang berlangsung. Posisi
beliau ditengah gugus operasi satuan satuan ABRI kita sangat jelas.
jendral Suharto adalah sekedar salah satu peminpin satuan militer,
KOSTRAD, setelah memimpin operasi Mandala.

Jadi, beliau, dalam posisi yang militarily massive seperti itu,
sangat sangat unlikely untuk membutuhkan rekayasa ala Untung.

Jadi, sang Dake yang Belanda itu, kalau mau jadi historian, masih
berpeluang menggali titik titik gelap dalam sejarah Indonesia,
apalagi yang berkaitan dengan nenek moyangnya...

Salam

Danardono

Help save the life of a child. Support St. Jude Children's Research Hospital.
http://us.click.yahoo.com/cRr2eB/lbOLAA/E2hLAA/BRUplB/TM