[nasional_list] [ppiindia] Re: License to Kill God !->RM Danardono

  • From: "MANG UCUP" <mangucup@xxxxxxxxxx>
  • To: <ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx>
  • Date: Wed, 2 Nov 2005 13:40:36 +0100

http://informasi-beasiswa.blogspot.com **DH nulis:
Dibusek....
Anda saya harap, mencabut statement anda yang mengatakan, bahwa dalam
ajaran Buddha dikatakan, Siddharta Gautama Buddha menjadi Tuhan, ini
melecehkan ajaran orang. Tidak ethis.

Mang Ucup:
Saya tidak menulis bahwa Buddha sudah menjadi Tuhan melainkan setaraf dgn
Tuhan

Karena kata Tuhan itu sebenarnya berasal dari kata bhs Sansekerta yaitu "Tuh
Hyang" yang artinya "Kepala Para Dewa". Dengan kata lain Tuh Hyang adalah
Pemimpin para dewa, lalu menjadi kata yg dibakukan ke dlm bhs Indonesia.
Kata Tuhan tidak dikenal di dalam literatur Yahudi, Nasrani ataupun Islam.
Kata tsb adanya hanya dlm literatur Hindu atau Budha saja.

Begitu juga dgn asal kata "sembayang" ini berasal dari kata "sembah Hyang"
atau menyembah sang Dewa.

Bahkan di dlm buku Paritta Buddhayana  tercantum:
"Namo Sanghyang Adi Buddhaya"
(Terpujilah Sanghyang Adi Buddhaya

Oleh sebab itulah saya tidak bersedia untuk mencabut perkataan Tuhan, sebab
dlm agama Buddha juga mereka mengakui Buddha sebagai Sanghyang.

Dlm konteks yg saya tulis dlm artikel saya yg sebelumnya, saya tidak
mesamakan Buddha sebagai Tuhan dari agama Nasrani, karena Tuhan dlm agama
Buddha beda dgn ketuhanan yg di artikan dlm agama Nasrani

Saya menyadari sepenuhnya bahwa Ketuhanan Yang Mahaesa dalam bhs Pali adalah
"Atthi Ajatang Abhutang Akatang Asamkhatang" yang artinya "Suatu Yang Tidak
Dilahirkan, Tidak Dijelmakan, Tidak Diciptakan dan Yang Mutlak".

Dalam hal ini, Ketuhanan Yang Mahaesa adalah suatu yang tanpa aku (anatta),
yang tidak dapat dipersonifikasikan dan yang tidak dapat digambarkan dalam
bentuk apa pun. Tetapi dengan adanya Yang Mutlak, yang tidak berkondisi
(asamkhata) maka manusia yang berkondisi (samkhata) dapat mencapai kebebasan
dari lingkaran kehidupan (samsara) dengan cara bermeditasi.

Dengan membaca konsep Ketuhanan Yang Mahaesa ini, kita dapat melihat bahwa
konsep Ketuhanan dalam agama Buddha adalah berlainan dengan konsep Ketuhanan
yang diyakini oleh agama-agama lain.

Saya akhiri dikusi ini dgn ucapan banyak terima kasih kepada sdr RM
Danardono atas dikusinya yg menarik dimana antara lain saya juga telah dapat
banyak menimba ilmu dari sdr RM Danardono

Salam persahabatan dgn tabik
Mang Ucup

http://us.click.yahoo.com/dpRU5A/wUILAA/yQLSAA/BRUplB/TM