[nasional_list] [ppiindia] Re: License to Kill God !->RM Danardono

  • From: "RM Danardono HADINOTO" <rm_danardono@xxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Wed, 02 Nov 2005 11:39:25 -0000

Mang Ucup:
terima kasih untuk komentarnya dari RM Danardono yg pada umumnya
selalu tokcer dan berbobot

Rupanya kita melihat dari sudut segi pandang yg berbeda, baiklah saya
mencoba menguraikannya berdasarkan pengetahuan saya, apabila salah
mhn di koreksi:

pertama saya merasa tidak pernah mendiskreditkan Sang Guru Agung
Siddhartha Gautama, sebab

Dlm tulisan saya sebelumnya saya menulis:
Dan ini telah dibuktikan oleh Sang Budha, dimana ia telah menjadi
"Bodhisattva" = dlm bhs Sankrit ""Mahkluk hidup yg telah setaraf dgn
Tuhan". Ia mencapai level ini hanya dgn usaha, kekuatan, pengetahuan,
dan kemurniannya sendiri. Dlm tradisi Buddhist lebih dikenal dgn
sebutan "Samma-Sambuddha".

DH: Kalau kita mau menganalisa ajaran suatu agama, tak boleh kita
lihat dari sudut yang berbeda, karena hasilyna pasti bias.

Kesalahan UTAMA mang Ucup, adalah mencampur pisang dengan kelapa.
memakai kata "Tuhan" dalam dia wilayah ajaran yang 180% beda. Ini tak
layak, secara ilmiah. "Tuhan" dama artian agama suku Semit TAK exist,
dalam ajaran Buddha. Siddharta TAK pwernah mengatakan "kalau saya
mati akan menjadi Tuhan atau sama dengan Tuhan". Sebab Tuhan yang ada
dalam ajaran Buddha, adalah suatu zat yang maha ada. Sudah selalu
ada. Tak berakhir. Ini hanya SATU, seperti dalam konsep Yahudi dan
Islam.

"Setaraf dengan Tuhan", adalah imaginasi dalam banyak budaya. Dalam
bahasa Jawa kita kenal "manunggal ing Gusti". Dalam agama Kristen
kita kenal istilah "anak Tuhan". Anak selalu akan mencoba menjadi
satu dengan ortu. Inikonsep yang kita temui di-mana mana, dan tak
nberarti, yang menjadi satu itu, lalu jadi Tuhan an sich!

satu satunya konsep, yang mengatakan ada manusia yang menjadi Tuhan,
atau sebaliknya, Tuhan yang menjadi manusia, hanya adal dalam agama
Kristen.
-------------

Bodhisattva adalah mereka yg telah mencapai pencerahan atau dlm bhs
Jerman disebut Erluechtung.

Dlm Budisme, Erleuchtung lebih dikenal dgn kata Bodhi yg berasal dari
kata Budh dlm bhs Sangsekerta yg berarti sadar, mengerti,
sedangkan "Buddha" (der Erleuchtete) und "Bodhisattva"
(Erleuchtungswesen = makhluk yg telah mencapai Erleuchterung).

Erleuchtung dlm bhs Latin disebut illuminare berasal dari kata dlm bhs
Jerman "erhellen", "erleuchten" mungkin bisa diterjemahkan ke dlm bhs
Indonesia sebagai inspirasi, wahyu, ilham, wangsit. Arti sebenarnya
adalah pengalaman spiritual dimana seseorang merasakan bahwa ia telah
mendapatkan wangsit atau wahyu yg mampu menyadarkannya dirinya.

DH: Tentu saja, konsep "pencerahan" dalam bahasa Latin, yang dipakai
dalam agama Kristen BERBEDA dengan konsep dalam agama Buddha.
banyak elemen elemen yang terkandung dalam keadaan tercerahkan dalam
Buddhisme, yang TAK dikenal oleh budaya Barat.
--------------
Menurut Maslow, pengalaman spiritual adalah peak experience, plateau -
 the farthest reaches of human nature. Pengalaman spiritual adalah
puncak tertinggi yang dapat dicapai oleh manusia serta merupakan
peneguhan dari keberadaannya sebagai makhluk spiritual. Pengalaman
spiritual merupakan kebutuhan tertinggi manusia. Bahkan Maslow
menyatakan bahwa pengalaman spiritual telah melewati hierarki
kebutuhan manusia, going beyond humanness,identity, self-
actualization, and the like."

Sedangkan pencerahan dlm agama Kristen beda dgn pencerahan Budisme,
pecerahan dlm bhs Yunani = Photismos dan dlm bhs Ibrani Haskala Dlm
istilah teologi ini lebih dikenal dgn sebutan "visio dei" dari bhs
Latin

DH: sudah saya terangkan, ini berbeda. Ini satu lagi asar, tak
mencampurkan pisang dengan kelapa.
--------------------

Ini adalah tahapan tertinggi dalam perjalanan spiritualitas
seseorang, yaitu ketika dia sudah tidak punya rasa kuatir akan apa
yang akan terjadi. Dia memiliki rasa pasrah secara total kepada
Tuhan, karena sebagai makhluk spiritual, dia telah mencapai penyatuan
dengan sang Pencipta. Orang Kristen mengenal lagu yang syairnya
sebagai berikut .. I surrender all, to thee my great savior I
surrender all. Aku berserah hidupku seluruhnya.

DH: Kepasrahan pada Tuhan yang anda gambarkan juga dikenal oleh agama
Islam, dalam konsep "Islam" atau "kepasrahan pada sang Pencipta".

Tetapi apa urusannya ini dengan theori anda, bahwa dalam Buddhisme,
manusia "bisa jadi Tuhan"?

----------

Itulah menurut segi pandang saya, walaupun demikian apabila ada kata2
atau pandangan Yg kurang berkenan maka dgn ini mang Ucup mohon maaf

Hitler dgn pemerintahannya "das dritte reich" berdasarkan prinsip
Ein Volk, ein Reich, ein Fuhrer (One people, one country, one leader)
to perpetuate their hegemony. This thousand year empire in the mind
of Hitler was to represent, a Holy empire like none other, with
Hitler himself high priest and furor, replacing the 1000 year reign
of Christ written in the bible.

Saya tidak menulis bahwa tentara Hitler disebut Heilsarmee, saya
hanya ingin menggambarkan bahwa perkataan Heil itu dapat disamakan
dgn sesuatu yg kudus yg dapat membawa keselamatan bagi umat Kristen
sebagai contoh adalah Organisasi Bala Keselamatan (Heilsarmee) yg
didirikan pada tahun 1865 oleh William dan Catherine Booth di London
timur. Dalam perkembangannya yang sangat cepat, Bala Keselamatan
kemudian menyebar ke seluruh Eropa dan bahkan ke seluruh dunia.

DH: Anda sendiri yang menggunakan istilah "Heilsarmee" untuk merujuk
pada kosnep Hitler. Padahal, istilah ini sendiri TAK pernah dipakai
Hitler dalam menggambarkan negaranya atau kekuasaannya.

Kata "Heilsarmee" adalah registered trademark untuk kelompok Kristen
yang kita kenal sebagai Bala Keselamatan.

Kata "Heil" yang dipakai sebagai tanda kehormatan untuk menyalami
Hitler atau sesama NAZI, tak ada urusan dengan kosep Heilsarmee, atau
Salvation dalam arti Kristiani. Ini mang sudah aduk aduk, jadi gado
gado.

Anda saya harap, mencabut statement anda yang mengatakan, bahwa dalam
ajaran Buddha dikatakan, Siddharta Gautama Buddha menjadi Tuhan, ini
melecehkan ajaran orang. Tidak ethis.

Kalau anda mau membahas kata "Boddhisatwa", maka lakukanlah
sepernuhnya dalam kontext Buddhawi, jangan seret seret bahasa Latin.

" OH, East is East, and West is West, and never the twain shall
meet", sebagaimana dirumuskan oleh penyair dan dramatiker Rudyard
Kipling (1865?1936).

Saya gubah: konsep Semit adalah konsep Semit, takkan bertemu dengan
konsep Asia timur.

http://us.click.yahoo.com/dpRU5A/wUILAA/yQLSAA/BRUplB/TM