[nasional_list] [ppiindia] Re: Diaspora (etnis) !-->miss wilson kusumo

  • From: "RM Danardono HADINOTO" <rm_danardono@xxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Wed, 09 Nov 2005 11:37:46 -0000

http://informasi-beasiswa.blogspot.com **--- In ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx, Mario
Gagho <gagho@xxxx> wrote:

> komentar bung alvien ini jadi mengingatkan saya pada
> almarhum Wilson Kusumo: objektif, apa adanya, ada
> nuansa reflektif.
>
> lagi kangen nih sama bung wilson kusumo.
>
> my his soul rests in peace,
>
> --- Alvin Daniel <alvindaniel_net@xxxx> wrote:

--- deleted---
> mereka sudah seharusnya berontak, apa boleh buat
> saya  katakan begitu...tidak ada hubungannya dgn ras
> ataupun agama, saya pastikan dimanapun berada, bahwa semua
> orang pasti akan memberontak bila harkat dan martabatnya
> diinjak2 selama puluhan bahkan ratusan tahun oleh penguasa.

----- deleted---

DH: Statement bung Alvin pada umumnya dapat dimengerti dan diterima.
Hanya untuk yang diatas ini, boleh kita letakkan masalahnya dalam
proporsi yang sebenarnya:

Mereka TIDAk diinjak injak oleh penguasa, sebab mereka tidak berada
dinegeri asal mereka sendiri, dimana mereka diperas oleh penguasa
bangsanya sendiri. Mereka datang kenegeri lain, dan diterima, diberi
tunjangan sosial. Hanya karena dasar pendidikan terlalu rendah, dan
bahasa tak memadai, sulit sekali bagi mereka mendapatkan pekerjaan
yang baik. saya cukup banyak kenal warga Perancis dari negeri mereka,
yang lulus pendidikan tinggi, dan menjabat pekerjaan yang baik.
Menteri dalam negeri sendiri, adalah ex immigrant.

Dalam kasus Perancis ini, pendatang yang diberikan kesempatan
bermukim, menyerang yang punya rumah. Masalahnya lain dengan kasus
orang Tionghoa di Indonesia. Agama, tak bermain peran di Perancis..

Komunitas Tionghoa pernah berontak bersenjata karena diinjak injak,
menyerang penguasa kala itu, pemerintah VOC. Mereka dibantai habis,
Belanda meminjam tangan penguasa pribumi di kerajaan kerajaan di
pantai utara Jawa untuk menghabisi orang Tionghoa.

Orang Tionghoa pernah menyerang Belanda disisi pihak pribumi, ini
terjadi ber-kali kali. Karena jasayanya ada pemimpin Tionghoa yang
diangkat menjadi bangsawan oleh Sultan Jogya, yakni bupati
Setyodiningrat.

Dibandingkan pendatang dari Afrika utara ini, orang Tionghoa tak
pernah menyerang penguasa pribumi. Sebaliknya, mereka sering dihabisi
pangeran pribumi, misalnya dimasa perang Diponegoro.

mas Mario, saya juga kangen pada mas Kusumo. Semoga arwahnya
mendapatkan tempat yang mulia menuju Boddhisatwa.

Salam

danardono

http://us.click.yahoo.com/dpRU5A/wUILAA/yQLSAA/BRUplB/TM