[nasional_list] [ppiindia] Banyaknya Lembaga Antikorupsi Membingungkan

  • From: "Ambon" <sea@xxxxxxxxxx>
  • To: <"Undisclosed-Recipient:;"@freelists.org>
  • Date: Sun, 20 Nov 2005 22:17:55 +0100

http://informasi-beasiswa.blogspot.com
**http://www.balipost.co.id/balipostcetak/2005/11/21/n1.htm

Banyaknya Lembaga Antikorupsi Membingungkan

Jakarta (Bali Post) -
Banyaknya institusi penegak hukum yang bertugas menuntaskan kasus-kasus
korupsi, dinilai tidak akan otomatis membuat upaya pemberantasan korupsi
berjalan baik. Pasalnya, banyaknya lembaga itu justru akan membuat rakyat
bingung, siapa sebenarnya yang memiliki kewenangan untuk menjerat para
koruptor.  ''Saya malahan bingung sendiri, sebenarnya siapa yang berhak
mengurus penegakan hukum untuk kasus korupsi,'' kata Ketua Umum DPP PDI
Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoputri, Minggu (20/11) kemarin.

Dalam catatan Bali Post, saat ini ada tiga lembaga yang memiliki kewenangan
untuk melakukan penyidikan terhadap kasus-kasus korupsi. Lembaga itu; Komisi
Pemberantasan Korupsi (KPK), kejaksaan dan Komisi Pemberantasan Korupsi. Di
luar lembaga itu, ada lembaga lain yang bernama Tim Pemberantasan Tindak Pidana
Korupsi (Timtas Tipikor) yang tugasnya pun hampir serupa.

Mantan Presiden RI ini mermbantah jika pernyataannya itu merupakan bentuk
ketidaksetujuannya terhadap upaya pemerintah membasmi korupsi di negeri ini.
Megawati juga menolak jika dikatakan komentarnya itu keluar karena dirinya
tidak mengerti tujuan dari pembentukan masing-masing lembaga itu. ''Saya ini
bukan antipenekanan korupsi. Saya juga bukannya tidak mengerti, tetapi justru
karena saya mengerti, maka saya menjadi bingung (dengan adanya beberapa lembaga
penegak hukum untuk kasus korupsi),'' tegas putri sulung Proklamator RI
Soekarno ini.

Tak hanya mengkritik jumlah lembaganya saja, istri Taufiq Kiemas ini juga
mengkritik kinerja aparat penegak hukum untuk kasus korupsi. Di mana dalam
pelaksanaan tugasnya, seringkali melanggar asas praduga tak bersalah. Padahal,
sambung wanita kelahiran Yogyakarta 58 tahun silam ini, asas praduga tak
bersalah itu merupakan prinsip dasar dari hak asasi manusia, yang seharusnya
mendapatkan perhatian dari penegak hukum, sebelum dilakukan tindakan hukum
terhadap seseorang.

''Apa memang benar seseorang dapat ditangkap dan dipenjara hanya karena
diindikasikan (terlibat kasus korupsi) saja? Proses kronologisnya saja
seringkali tidak jelas,'' katanya. (kmb5)

DonorsChoose.org helps at-risk students succeed. Fund a student project today!
http://us.click.yahoo.com/LeSULA/FpQLAA/E2hLAA/BRUplB/TM