[nasional_list] Re: Sistem berbahaya Re: [ppiindia] Re: Demi Judi, Saya Rela Masuk Neraka

  • From: "Ambon" <sea@xxxxxxxxxx>
  • To: <ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx>
  • Date: Thu, 24 Mar 2005 09:20:01 +0100

Sedikit komentar tentang masalah Kuweit - Irak pada zaman pemerintahan
Saddam Husein. Ceritanya Kuweit itu dulu adalah propinsi dari Irak. Ketika
ditemukan miyak di Kuweit pada tahun 1930-an [?], Inggris memisahkan kuweit
dari Irak, dan kemudian membuatnya sebagai negeri merdeka. Kemerdekaan
Kuweit ini tidak menghilangkan hasrat  pmerintahaan Irak untuk memasukan
kembali Kuweit sebagai wilayahnya. Tuntutan ini semua orang tahu tak pernah
ada yang membantah. Pemerintah Irak terang-terangan bilang Kuwait adalah
bahagian dari Irak

Pada bulan April 1990, duta besar USA beraudensi pada Saddam Husein, dalam
audensi ini dubes tsb antara lain menyatakan: "kami tidak akan mencampuri
urusan dalam negeri Irak". Agaknya pernyataan ini diterima oleh Saddam
Husein sebagi "green light" dari USA  kepada Irak untuk mengambil kembali
Kuweit kedalam wilayah negaranya. Apalagi kalau diingat bahwa USA  membantu
Saddam Husein selama perang dengan Iran, jadi kali ini pasti mendapat restu
yang sama, maka Kuweit diinavasi. Kenyataannya terbalik.