[nasional_list] [ppiindia] Prokem: Slang a.k.a. Bahasa Gaul anak Jakarte. was Re: cupu...??? bikin BT???

  • From: "Wilson K." <pengelola@xxxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Fri, 25 Mar 2005 05:54:41 -0000

Weleh weleh... seru amit thread ini, gak abis2nya ngomongin prokem.

Gua punya cerita nih, pengalaman yg cukup menggelikan sewaktu baru
datang ke Jakarta 4 thn yg lalu. Waktu itu gua nginap di hotel Mercure
Rekso yg di Jl. Hayam Wuruk itu. Gak taunya ternyata daerah sekitar
itu sudah jadi rahasia umum (yg saat itu gua belum tau) adalah "red
light district"nya Jakarte. Jadi waktu malam itu gua sedang nunggu
teman di lobby hotel, ada 4 orang yg berdiri gak jauh dari gua sedang
ngobrol. Bukan gua mau nguping, tapi emang merekanya ngomong agak
kencang, jadi kedengaran juga.

Salah satu dari orang itu ngomong "eh, boy... (gua lupa nama yg dia
sebutin waktu itu) lihat tuh cewek.. mantep banget.. (sensor:
ngomongnya rada jorok, ini gedelah, itu montoklah..) bikin gua BT
aja.." katanya sambil tertawa. Setengah hari gua mikir apa sebenarnya
BT yg dimaksud oleh orang itu. Karena sudah buntu, akhirnya gua tanya
keteman gua yg orang Jakarta asli, sambil ceritain "in full detail"
kejadian malam sebelumnya itu. Eh, sialan.. dianya malah ngakak...
akhirnya dia ngasih tau juga. Katanya BT itu artinya Birahi Tinggi...???

Beberapa waktu berlalu, gua nggak pernah dengar istilah BT lagi "in
real live situation" sampai suatu hari sewaktu ngantri di ATM BCA.
Dibelakang gua ada seorang wanita muda sekitar 20 tahunan yg kelihatan
kesal, mungkin karena udah ngantri lebih dari 20 menit dibawah terik
matahari. Tiba2 HPnya berdering dgn ringtone "house music" yg seru
abis. Sekali lagi, bukannya gua mau nguping, tapi tuh orang ngomongnya
cukup kencang, mana berdiri pas dilakang gua lagi... baru ngomong dua
patah kata dia bilang "udah deh.. gue lagi BT!!!" HAH?!?!? Kaget gua
dengar kata itu lagi... nggak salah nih cewek siang bolong ngomong
gitu ditempat umum?!?!?

Beberapa hari setelah kejadian itu, gua ketemu lagi dengan teman yg
asli anak Jakarte itu. Sambil barengan makan siang, gua ceritain
kejadian ngantri di ATM BCA itu. Dia ngakak lagi, sampe2 sempat
keselek karena masih ada mie dimulutnya. Sialan nih kawan... gua
diketawain melulu...??? Akhirnya dia bilang, kalo yg bilang itu cewek,
BT itu artinya lagi kesel atau kalau mau tau apa singkatannya, BT itu
artinya Bad Timing. Jadi kalo cewek lagi BT artinya timing-nya lagi
nggak kena, jadi nggak mau dan jangan diganggu. "Sialan... koq elu
nggak ngomong dari kemarin... sampe gua sempat pikir yg nggak2 tentang
cewek Jakarta" gua protes.

Ya udah deh... bagi yg belum tahu prokem atau bahasa gaulnya anak
Jakarta, nih ada orang yg senasib yg lagi bikin semacam list di:

http://www.angelfire.com/ga/gwali/slang.html

Charles si bule asal Australi yg punya situs itu juga masih terus
nungguin masukan2 dari teman2 anak Jakarte asli untuk ikut melengkapi
daftarnya itu. Hubungi aja:

tinggi@xxxxxxxxxxxxxx
c.tinggi@xxxxxxxxxxxx
tinggi@xxxxxxxxxxx

Buat rekan2 yg beragama Katholik dan Kristen, saya ucapkan "Happy
Easter" "Selamat hari Paskah"

Salam,
Wilson

Other resources: