[list_indonesia] [ppiindia] THE MADNESS OF GOD

  • From: Simon Lamakadu <simon.lamakadu@xxxxxxxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Fri, 1 Apr 2005 08:19:32 +0700

Judul: THE MADNESS OF GOD
Subjudul: Iblis Menggugat Tuhan
Penulis: Shawni

Kau bilang Adam berdosa gara-gara hasutanku? Kalau begitu, atas hasutan
siapa aku melakukan dosa? Aku sebenarnya melakukan apa yang Dia
perintahkan, dan aku sepenuhnya patuh pada keinginan Allah. Mau
bagaimana lagi? Tak ada ruang yang luput dari kuasa-Nya. Aku bukanlah
tuan bagi keinginanku sendiri.

Aku menyembah Allah selama 700 ribu tahun! Tak ada tempat tersisa di
langit dan bumi di mana aku tak menyembah-Nya. Setiap hari aku berkata
pada-Nya, "Ya Allah, anak keturunan Adam menolak-Mu, namun Engkau tetap
bermurah hati dan meninggikan mereka. Tapi aku, yang mencintai dan
memuja-Mu dengan pemujaan yang benar, Engkau buat menjadi hina dan buruk
rupa."

Lihatlah segala penderitaan dan kesengsaraan yang telah ditimpakan-Nya
atas dunia ini. Lihatlah betapa Monster itu melakukan semuanya hanya
untuk menghibur diri! Jika ada yang terlihat murni, dibuat-Nya ternoda!
Jika ada yang manis, Dia buat masam! Jika ada yang bernilai, dibuat-Nya
jadi sampah! Dia tak lebih dari sekadar Badut dan Pesulap Murahan,
Pembohong Gila! Dan kegilaan-Nya masih terus membuatku lebih gila lagi!

*****

The Madness of God menjadikan ketergelinciran Iblis, dan dakwaannya
kepada Tuhan karena telah "menyesatkannya", sebagai landasan bagi
pertanyaan-pertanyaan mengenai kemungkinan kehendak-bebas di hadapan
kemahakuasaan Tuhan. Pertanyaan yang berulang kali diajukan adalah: jika
Tuhan Mahakuasa, dan tiada sesuatu pun yang dapat terjadi di luar
kehendak-Nya, maka bagaimana mungkin makhluk dapat disalahkan karena
dosa-dosanya?
Seiring dengan bergulirnya cerita, pembaca akan tenggelam dalam
keyakinan tentang keesaan, kemahakuasaan, dan keadilan Tuhan. The
Madness of God penting dibaca oleh para monoteis yang kritis. Shawni
meramu adikaryanya ini dengan gayanya yang amat unik dan khas. Novel
ini, terlepas dari judulnya yang provokatif, merupakan usaha Shawni
dalam menyelaraskan keimanannya dengan akalnya.