[list_indonesia] [ppiindia] Re: Kitab Aspal-->Deretan Nabi menurut agama-agama langit (samawi)

  • From: "RM Danardono HADINOTO" <rm_danardono@xxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Wed, 23 Feb 2005 09:51:42 -0000

Disini masalahnya, mBak.

Banyak sekali anakronisme dan hal hal yang bertentangan satu dengan
yang lain, dalam kisah kisah ketiga Kitab Suci. Tinggal bagaimana
umat menerimanya. Ada yang mengimaninya, dan go on. Menjalankan
ibadat seperti yang diperintahkan. Ada yang tak tenang dalam
sanubari, dan mencari terus. Mereka ini yang tak mau take everything
for granted.

Agama agama Semit, yang tiga ini, mempunyai struktur dasar yang sama.
Semua dimulai dengan "Tuhan bersabda..", lalu menjadi wahyu, atau apa
yang dipercaya menjadi wahyu.

Pertemuan dengan Tuhan, yang terdengar sebagai dongeng itu, diimani,
tanpa dibantah. Apakah ini dalam Taurat, Injil ataupun Quran. Jibrail
berkata ini, Jibrail berkata itu. Dalam kejadian yang sama, Jibrail
mengatakan yang tak sama, dalam ketiga Kitab itu.

Dalam faham yang berasal dari Asia timur, diantara para leluhur kita
sendiri, tak ada kisah yang mulai dengan "Tuhan berkata demikian,
melarang ini atau itu". salah satu diantaranya, Sidharta,
mengedepankan beberapa jalan, agar kita menjadi mulai, dan terlepas
dari kesengsaraan. Dia tak mengatakan, apa yang diajarkannya
dibisikkan oleh malaikat, bidadari atau peri atau siapapun.

Apakah kita menerima atau tidak, itu masalah kita, tak ada ancaman
Neraka atau yang mirip itu. Juga tak ada janji janji yang indah, yang
akan kita alami, kalau kita mati, misalnya bidadari yang cantik, atau
kehidupan yang cemerlang, dlsb.

Jadi, konsepnya berbeda.

Kristiani, misalnya mengajarkan, dan ini konsep inti agama agama
Semit, bahwa kita semua, masabodoh siapa, mewarisi dosa dari kakek
Adam dan nenek Hawa. Mau atau tak mau. Jadi disini konsepnya, ataukah
kita sendiri berdosa atau tidak, kita mewarisi dosa itu, dan karena
itu kita sengsara.

Walau, dalam penyelidikan ilmiah, atau pemikiran memakai nalar, sulit
diterima adanya manusia pertama, yang muncul tiba tiba, dari
ketiadaan, yang telah langsung berbentuk seperti kita. Bisa berdosa
lagi.

Banyak budaya yang mempunyai kisah mengenai manusia pertama. Tetapi
karena kisah kisah ini bersifat kisah leluhur, dan tak didampingi
dengan "Tuhan bersabda", ditinggalkan begitu saja.

Salam pencerahan

Danardono

--- In ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx, "Lina Dahlan" <linadahlan@xxxx>
wrote:

> he..he..kalo googling, alhamdulilah saya dah baca biar dikit juga.
> Tentang penemuan arkeologi yang dihubungkan dengan kisah perahu
nabi
> Nuh, malah ada dalam encyclopedia2 menerangkan bahwa beberapa
> riwayat penulis Bible itu tak dikenal. Lah ? Taurat di duga yang
> menulis Musa, tapi bagaimana bisa Musa menceritakn sendiri soal
> kematiannya. Kan berarti penulisnya bukan Musa as. Gak ada yang
tau?
> lah? Kredibilitas penulisnya gak ketahuan? lalu sebagai jaminannya
> [...]

Give the gift of life to a sick child.
http://us.click.yahoo.com/lGEjbB/6WnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM