[fogri] Re: Wavelet vs Waveform ?

  • From: "Paulus Allo" <Paulus_Allo@xxxxxxxxxx>
  • To: fogri@xxxxxxxxxxxxx
  • Date: Thu, 13 Sep 2001 07:25:40 +0700

Aku ganti tanya nih ...
kenapa pada waktu AI inversi kita menggunakan wavelet ... bukan waveform ?
Kan sewaktu akuisisi ... kita tidak menggunakan wavelet ... hasil ledakan
dinamit atau air gun/water gun ... kan sebuah waveform ..
Adakah yang tahu ? atau mungkin ada yang bisa menjelaskan apa sebenernya
wavelet dan waveform ... aku yakin geologist serta engineer kurang banyak
ngerti ... para geophysicist tentunya lebih yahud ...

reply:
btw, waveform itu sama gak sih dgn wave?
sama kali yachh....

CMIIW,
wavelet adalah waveform yg kehilangan sifat periodisitasnya.
kalau gak salah di buku ozdogan (halamannya lupa) ada gambar yg memperlihatkan
bahwa
kalau kita menjumlahkan waveform yg frekuensinya berbeda-beda maka
kita akan mendapatkan sebuah wavelet.

hasil ledakan berupa waveform? wah....saya kok malah ragu.
saya pikir hasil ledakan itu berupa wavelet, tapi waveletnya memiliki
jangkah (interval) frekuensi yg lebar sekali, jadi bentuk waveletnya sangat
tajam.
akibat dari efek bumi sebagai low-pass filter, maka banyak frekuensi tinggi
dari wavelet yg hilang. hal ini coba di-recover pada saat dekonvolusi.

sekali lagi cmiiw.

semoga membantu.

Paulus