[fogri] Re: Seismic interpretation : Auto pick.

  • From: "Sidi, F. Hasan" <Franciscus.H.Sidi@xxxxxxxxxxxxxx>
  • To: "'fogri@xxxxxxxxxxxxx'" <fogri@xxxxxxxxxxxxx>
  • Date: Mon, 17 Sep 2001 12:31:43 +0700

Saya coba luruskan dikit.

Autopick atau autotrack sebetulnya berangkat dari cara picking dengan
melihat parameter tertentu (computerized instead of manual), yang tentunya
distinctive. Intinya untuk mempermudah interpreter, terutama yang berkerja
dengan 3D volume. Nah algoritme yang berkembang dulunya adalah amplitude
tracking, artinya meliha harga amplitude tertentu. Cara bekerjanya, agar
nggak aclok-2-an, dipake suatu correlation window atau cut-off parameter
yang lain (e.g. range amplitude). Software coy kemudian pake trademark
tertentu (seperti Zap-nya Landmark).
Belakangan ini, autopick ini lebih dikembangkan lagi dengan voxel-flooding
(mungkin ada nama-nama lain yang intinya sejenis), yang melihat 3D volume
dengan memory computer yang optimum (bisa dikontrol lebih mudah oleh
interpreter) dan ada yang melihat waveform (ala Stratimagic) yang tentunya
lebih reliable.

Bagus jelek-nya bergantung pada bagaimana si interpreter men-judge parameter
(window length, correlation factor, etc) berdasarkan event yang dia mau pick
(e.g. mfs or topsand) dan dengan melihat limitasi data yang ada (e.g. freq
content, continuity). Thus, AI-cube-pun tentunya bisa di-autotrack.

Kalo interpolasi, ini totally different. Setahu saya interpolasi hanya
berusaha mengisi space yang kosong yang tidak bisa di-auto-track. Intinya
untuk membuat smooth maps over the entire study area (i.e. memenuhi
management requirement).

FHS