[breaktime-corner] Ketika Samsung Galaxy Tab Diadu dengan iPad 2 di Kompasiana

  • From: "gunawan prakoso" <gunawan.prakoso@xxxxxxxxx>
  • To: <tea-corner@xxxxxxxxxxxxx>
  • Date: Thu, 16 Feb 2012 16:48:34 +0700

Ketika Samsung Galaxy Tab Diadu dengan iPad 2 di Kompasiana

Dari segi desainnya, perangkat lunaknya, performanya, dan fitur-fiturnya,
dan seterusnya secara umum antara Samsung Galaxy Tab dengan iPad bisa
dikatakan sebanding. Masing-masing orang memilihnya sesuai dengan kebutuhan
dan seleranya. Kalau saya memilih Galaxy Tab 7.0, dan kemudian menggantinya
dengan Galaxy Tab 7.0 Plus semata-mata karena pertimbangan kepraktisannya
saja. Lebih mudah membawanya ke mana-mana karena bentuknya yang kecil dan
ringan. Kalau menggunakan sambil mengisi waktu di antrian pun terasa lebih
nyaman menggegamnya, tangan tidak lekas capek dibandingan dengan ukuran 10
inch.

Namun ketika saya menggunakannya untuk mengakses Kompasiana barulah saya
merasakan adanya perbedaan yang cukup mengganggu antara Galaxy Tab dengan
iPad. Hal ini berlaku untuk semua jenis Galaxy Tab (7.0, 7.0 Plus, 8.9, dan
10.1) dibandingkan dengan iPad, maupun iPad 2. Mungkin saja bukan hanya
Kompasiana tetapi juga laman-laman lain yang problemnya sejenis. Saya belum
mencobanya.

Perbedaan yang saya maksudkan adalah ternyata kalau kita mengakses
artikel-artikel di Kompasiana, kalau artikel tersebut terdapat lebih dari
satu gambar (ilustrasi), maka gambar (ilustrasi) yang kedua, ketiga, dan
seterusnya itu tidak bisa kelihatan di Samsung Galaxy Tab jenis apapun. Yang
kelihatan Cuma gambar (ilustrasi) yang pertama. Sebaliknya dengan iPad,
maupun iPad 2, semuanya tampil normal (lihat contoh gambar yang saya
sertakan di bawah ini).

Kalau suatu artikel menyertakan klip video (You Tube), maka baik Samsung
Galaxy Tab, maupun iPad tidak bisa menayangkannya. Cuma bedanya, di Galaxy
Tab keberadaan video klip tersebut tidak kelihatan sama sekali. Sedangkan di
iPad tetap kelihatan meskipun tidak bisa diputar.

Saya telah membawa Galaxy Tab saya ke pusat layanan konsumen Samsung, tetapi
mereka pun tidak tahu kenapa bisa begitu. Mereka sudah mencoba mengotak-atik
setting-annya, tetapi tetap saja Galaxy Tab tidak bisa menampilkan gambar
(ilustrasi) kedua, dan seterusnya di Kompasiana. Akhirnya, mereka menyerah,
dan memberi alasan bahwa memang karakter, atau kemampuan Galaxy Tab terbatas
hanya sampai di situ saja.

Jadi, kalau Anda sedang berniat untuk membeli komputer tablet, dan
berkehendak mengakses Kompasiana dengan sempurna, rekomendasi saya adalah
memilih iPad 2 saja. Atau tablet lainnya yang mampu mengakases Kompasiana
atau laman lainnya dengan sempurna. Kecuali barangkali sebenarnya Galaxy Tab
juga mampu dengan sempurna menampilkan Kompasiana, dan laman lainnya yang
sejenis (mempunyai lebih dari satu gambar / ilustrasi), tetapi saya dan
karyawan di Pusat Layanan Samsung itu tidak tahu cara meng-setting-nya.
Mungkin di antara para Kompasianer ada yang lebih tahu? ***

CATATAN UP-DATE :

Terima kasih @Lord Sanjay, salah satu rekan Kompasianer yang telah memberi
petunjuknya setelah membaca artikel ini. Sesuai dengan petunjukknya, saya
menginstal DOLPHIN di Galaxy Tab saya, kemudian mencoba mengakses
Kompasiana. Ternyata memang melalui Dolphin ini Galaxy Tab mampu menampilkan
full browser Kompasiana,; gambar kedua dst-nya pun bisa ditampilkan Galaxy
Tab seperti di iPad 2.  Seharusnya pihak Samsung merasa malu, orang luar kok
bisa lebih mengerti produk yang dijual Samsung daripada karyawan-karyawannya
di Pusat Layanan Samsung di WTC dan Raya Darmo, Surabaya.

Sekali lagi, terima kasih.