[breaktime-corner] Jokowi: Indonesia Sedang Demam Esemka

  • From: "Adhi ikhwan Noviyanto" <adhi.ikhwan@xxxxxxxxxxxxxxxx>
  • To: <tea-corner@xxxxxxxxxxxxx>
  • Date: Sun, 8 Jan 2012 15:57:01 +0800

Jokowi: Indonesia Sedang Demam Esemka

Jakarta - Walikota Solo Joko Widodo mengaku terkejut dengan tingginya
animo masyarakat soal mobil rakitan anak SMK yakni Esemka. Dia hanya
ingin menjadi duta promosi Esemka saja.

"Saya sebetulnya hanya ingin menjadi duta promosi mobil Esemka
ini...nggak nyangka yg terjadi DEMAM ESEMKA, semua rindu produk anak
negeri." tulis Jokowi di akun twitternya.

Publik Indonesia saat ini memang sudah lama menanti adanya mobil rakitan
lokal yang menggunakan merek nasional.

Beberapa produsen asing sebenarnya sudah banyak yang merakit mobil di
Indonesia sampai kandungan lokalnya mencapai 80 persen, namun merek yang
tertanam tentu saja masih merek asing.

Kerinduan itu sempat terobati ketika beberapa pengusaha swasta dengan
modal yang masih minim mencoba membuat mobil sendiri namun desainnya
dinilai kurang oke.

Begitu Esemka muncul di 2009, harapan mobnas pun makin meninggi dan
memuncak ketika Jokowi memutuskan menjadikan mobil ini sebagai mobil
dinasnya. Itu merupakan salah satu bentuk promosi mobil lokal.

"Ya saya mempromosikan," ujar Jokowi di twitternya lagi ketika ditanya
soal brand ambassador itu.

Beberapa pengamat otomotif yang dihubungi detikOto sebelumnya menuturkan
agar mobil nasional bisa berkembang memang memerlukan bantuan dari
pejabat pemerintah. Tanpa mereka, mobil nasional akan tertatih-tatih di
tengah serbuan pabrikan lain yang sudah ada.

Jokowi pun optimistis jika mobil ini sudah dipasarkan nanti bisa
berbicara banyak di pasar Indonesia.

"Sangat mampu karena dari sisi harga ini yang sudah kita kerjakan ini
harganya Rp 95 juta, katakan Rp 120-130 juta bisa dijual di pasar. Dari
hitungan saya mobil seperti ini kira-kira Rp 240 juta, kalau kita jual
setengahnya bisa merajai pasar mobil Indonesia," kata Joko awal pekan
ini.