[nasional_list] [ppiindia] Soros Bantah Jadi Biang Keladi Krisis Ekonomi Indonesia

  • From: "Ambon" <sea@xxxxxxxxxx>
  • To: <"Undisclosed-Recipient:;"@freelists.org>
  • Date: Fri, 6 Jan 2006 22:46:24 +0100

http://informasi-beasiswa.blogspot.com
**http://www.gatra.com/artikel.php?id=91281

Soros Bantah Jadi Biang Keladi Krisis Ekonomi Indonesia

Jakarta, 6 Januari 2006 08:50
George Soros, pimpinan Soros Fund Management, membantah jadi biang keladi
krisis ekonomi Asia tahun 1998, yang menyebabkan lengsernya Soeharto dari
tampuk kepresidenan.

"Itu (tuduhan) yang betul-betul omong kosong. Saya tidak punya hak untuk
menggunakan uang saya untuk kepentingan politik," katanya dalam pertemuan
dengan para pemimpin redaksi yang tergabung dalam Editor`s Club di Jakarta,
Kamis malam.

Soros yang untuk pertama kalinya datang ke Indonesia dan menyatakan terkesan
dengan perkembangan Indonesia pascakrisis ekonomi mengatakan kunjungannya ke
Jakarta tidak punya agenda politik terselubung.

"Agenda politik saya sangat jelas. Yaitu mendorong terciptanya masyarakat yang
terbuka dan demokratisasi. Di Indonesia, itu dilakukan melalui Yayasan Tifa,"
katanya menjawab pertanyaan wartawan.

Sebagai pemilik modal, Soros mengaku hanya mencari uang. Uang yang didapatnya
itu dipergunakan untuk mendukung masyarakat yang terbuka dan demokratisasi. Ia
membentuk jaringan global yayasan-yayasan yang dibantunya untuk mendorong
masyarakat yang terbuka (open society).

Pernah mengalami masa-masa kediktatoran Nazi dan Komunis pada masa kecilnya,
Soros mengaku sangat penting untuk mengembangkan nilai-nilai dari sebuah
masyarakat yang terbuka, yakni nilai-nilai yang menjadi fondasi masayarakat dan
demokrasi Amerika.

Soros membantah berada dibelakang krisis ekonomi Asia sebagaimana yang
dituduhkan oleh mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohammad.

"Mahathir adalah mesin publikasi saya. Ia telah membuat kesalahan, karena
tuduhannya justeru mempopulerkan saya," katanya dalam acara yang dihadiri para
tokoh pers seperti Jacob Oetama, Sabam Siagian, Emil Salim, dan Sukamdani Sahid
Gitosardjono.

Menurut Soros yang bisa mengontrol sistem keuangan adalah otoritas yang
berwenang, sedangkan dia hanya pelaku pasar. Tanggungjawab untuk mengontrol
keuangan ada pada otoritas, sedangkan dia hanya melihat dan bertindak atas
dasar perkembangan pasar.

"Kalau saya melihat pasar dengan baik, maka saya akan untung. Kalau saya salah
lihat, saya rugi," katanya berkilah.

Menjawab pertanyaan apakah dirinya puas dengan pemerintahan Indonesia sekarang
ini, Soros mengatakan sebagai orang luar yang baru pertama kali ke Indonesia ia
merasa senang dengan penyelesaian masalah Aceh dan penangkapan teroris yang
meresahkan dunia internasional.

"Saya kira dia (Presiden Yudhoyono) telah berhasil dan publik harus
mendukungnya," demikian George Soros. [TMA, Ant]

Clean water saves lives.  Help make water safe for our children.
http://us.click.yahoo.com/CHhStB/VREMAA/E2hLAA/BRUplB/TM