[nasional_list] [ppiindia] Saat Bela Merah Putih Masih Berstatus Stateless

  • From: "Ambon" <sea@xxxxxxxxxx>
  • To: <"Undisclosed-Recipient:;"@freelists.org>
  • Date: Sat, 28 Jan 2006 23:32:03 +0100

http://informasi-beasiswa.blogspot.com
**http://www.indopos.co.id/index.php?act=detail_c&id=209258

Minggu, 29 Jan 2006,

Saat Bela Merah Putih Masih Berstatus Stateless

JAKARTA - Masyarakat Tionghoa belum sepenuhnya diperlakukan adil. Aparat sering
memperlakukan mereka secara diskriminatif. Tak jarang masyarakat Tionghoa di
Indonesia menjadi komoditas para aparat untuk menjadi sapi perahan. Khususnya,
dalam pengurusan identitas kewarganegaraan atau surat bukti kewarganegaraan
Republik Indonesia (SBKRI).

Diskriminasi terhadap masyarakat Tionghoa tersebut dibeberkan dalam diskusi
yang bertema Imlek, Eksistensi Tionghoa di Indonesia yang digelar di Marioss
Place, Jakarta, kemarin.

Ivana Lie, mantan atlet bulu tangkis nasional, yang hadir dalam diskusi
tersebut menceritakan, dirinya merupakan salah seorang korban rumitnya
birokrasi dalam mengurus SBKRI. "Bertahun-tahun saya menjadi pemain nasional,
tapi tanpa kewarganegaraan," ungkapnya.

Sebagai pemain yang membawa bendera Merah Putih, Ivana berkali-kali
mengharumkan nama bangsa di level internasional. Prestasinya itu membuat lagu
kebangsaan Indonesia Raya berkumandang di berbagai penjuru dunia.

"Saat keluar negeri, saya hanya dibekali secarik kertas yang menyatakan bahwa
saya orang Indonesia. Tapi, ketika pulang, kewarganegaraan saya dicabut dan
menjadi stateless (tidak punya kewarganegaraan, Red)," ujarnya. Dia juga telah
berusaha mengurus KTP, tapi tidak bisa karena tidak memiliki surat
kewarganegaraan.

Ivana tidak memiliki surat kewarganegaraan karena orang tuanya adalah
pendatang. "Pada 1940, orang tua saya datang dari China ke Indonesia dan belum
berstatus warga negara Indonesia. Otomatis, saya menjadi warga negara asing.
Padahal, saya lahir di sini sampai menjadi atlet," jelasnya.

Akhirnya, SBKRI tersebut didapatkan setelah diperjuangkan KONI dan PBSI. "Bukan
hanya saya yang mengalami hal ini. Tapi, beberapa atlet bulu tangkis lain
seperti Alan Budi Kusuma, Susi Susanti, dan Hendrawan juga mengalami," katanya.

Mengomentari Ivana, pengamat etnis Tionghoa Ridawan Saidi mengatakan, "Tidak
ada tanda-tanda akan menjadi baik. Itu (SKBRI) satu kerumitan administrasi. Itu
satu peluang untuk mencari uang bagi para birokrat. Kita punya kebijakan
nasional kewarganegaraan, tapi tidak berjalan karena tidak ada juklak dan
juknis."

Menurut dia, peraturan yang mewajibkan warga keturunan Tionghoa mempunyai SBKRI
harus dihentikan. Sebab, hal itu sudah tidak relevan dengan kondisi bangsa yang
mengedepankan kesetaraan. "Peraturan seperti itu seharusnya disudahi. Itu kan
kelanjutan dwi kewarganegaraan rangkap 1950," tegas mantan anggota DPR
tersebut.

Hal yang sama diungkapkan dosen Studi Masyarakat Tionghoa Indonesia dari
Beijing Foreign Studies University, Eddy Prabowo. Dia menyatakan, permasalahan
SBKRI masih belum jelas karena konsep pemerintah masih berbelit-belit. "Ini
sebuah realitas bahwa orang bisa ditendang ke mana saja. Karena apa? Sebab, ini
adalah massa mengambang. Kedua, punya duit. Ini sangat berbahaya karena
merembet dalam banyak hal, terutama status hukum," jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, dia juga menyinggung soal diskriminasi terhadap
etnis Tionghoa. Menurut dia, diskriminasi tersebut terjadi karena faktor
eksternal. Artinya, bukan disebabkan keberadaan masyarakat Tionghoa dan
lainnya. "Di lapisan bawah, simbiosis dengan masyarakat bawah sudah cukup baik.
Yang mengondisikan adalah faktor eksternal," ujarnya. Salah satu faktor
eksternal adalah faktor politis.

Lalu, bagaimana menyikapi faktor-faktor eksternal tersebut? Dia menyatakan
sangat sulit. Sebab, tidak ada kemauan untuk berubah ke arah lebih baik.
"Sulit. Sebab, orang Tionghoa terkesan ngapain kita bicara kalau salah dan
nggak bicara juga salah, mau mengadu ke siapa? Minta perlindungan ini, itu,"
tegasnya.

Di sisi lain, Eddy yakin diskriminasi itu lambat laun berkurang. Sebab, mulai
terjadi gerakan-gerakan generasi muda keturunan Tionghoa untuk melakukan dialog
multikultural. "Generasi sudah mulai mendobrak kebekuan yang ada," katanya.

Mereka mulai mendatangi Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) serta
Departemen Hukum dan HAM. Bukan hanya itu. Menurut Eddy, perlu dikembangkan
rekonsiliasi sosial yang mengedepankan keterbukaan serta kesepahaman. "Tidak
ada gunanya saling mencela dan kemudian kecenderungan eksklusivitas. Yang
penting kesepahaman antara elemen," tegasnya. (yog)