[nasional_list] [ppiindia] Re: benturan peradaban?

  • From: "RM Danardono HADINOTO" <rm_danardono@xxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Fri, 07 Jul 2006 08:57:26 -0000

http://informasi-beasiswa.blogspot.com **Ada beberapa pertanyaan nihh:

--- In ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx, aris solikhah <fm_solihah@...>
wrote:
1) semoga termasuk nanti khilafah klo berdiri sains sangat
dibutuhkan. Peradaban apa pun itu. Sains kan netral .

DH: kapan itu khilafah berdiri? jadi sekarang sains tak dibutuhkan?
lha kan hadiah nobel ber-tubi tubi? lha biologi-molkeular, bio
engineering, itu bukan sains? tapi mungkin perkembangan sains di
Bogor dan di US agak berbeda ya?

2) khususnya politik Islam yang berbeda dengan politik sekarang.

Politik Islam itu apa? apa definisinya? ditrepkan negara mana? semua
negara Islam politiknya sama? kalau ada lho?

3) Kalau kita tidak hati-hati kita terkena propaganda dari ucapan
mereka.

DH: propaganda mereka? mbak Aris tidak berpropaganda? apa dong?

4) Kita akan bisa mengelompokkan negara dengan empat  golongan
besar. Satu,  Negara ideologis (AS, Inggris, Cina, Cili, Vietnam,
Korut,), kedua negara satelit ideologis atau kepanjangan tangan
negara ideologis seperti Australia, dan Singapura adalah satelit AS.
Ini bisa dilihat setiap kebijakan negara ideologis Ausi dan
Singapura makin memperkuat dukungannya. Ketiga, negara objek
kebanyakan negara berkembang Asia, Afrika, timur Tengah Indonesia
termasuk didalamnya. Keempat negara netral salah satunya Jepang.
Apa yang diungkapan atau keputusan negara Ideologis khususnya AS
akan menjadi trend mark negara lain kalau pun tidak sangat dihormati
dan terpaksa diadopsi negara lain. ^_^

DH: Ini pengelompkan menurut ilmu apa ya? ilmu sosial politik? ilmu
tatanegara? kok saya belum pernah baca atau dengar ya?

5)
>   Meski banyak diantara mereka (praktisi politik AS) meragukan
tentang clash of civilizations, tapi sesungguhnya yang saat ini
mereka sedang mempertahankan kekuatan dan kemajuan peradaban mereka
beserta ideologi atau prinsip hidup atau keyakinan yang diusung
negara mereka.

DH: mereka itu siapa ya? negara mana? bangsa apa?

6)
>   Mereka akan melakukan apa saja baik secara halus (upaya
diplomasi, bantuan, uang, pujian,dll) atau kasar (perang, intervensi
militer, isu-isu lain) untuk menghancurkan atau menyingkirkan
sesuatu yang menghalangi atau mengancam peradaban mereka.
>   Halus atau kasarnya strategi mereka tergantung dari kondisi
sosiologi masyarakat negara tersebut. Maka pemerintah AS dkk akan
memperlakukan berbeda dengan mereka. Indonesia lebih lunak, karena
ya sosiologi masyarakatnya mudah dijinakkan. Analisa ini makin
diperkuat dari buku EHM, John Perkins.

DH: sekali lagi, mereka itu siapa? peradaban siapa? Singapura?
Jepang? Korea? Tiongkok? sorry bingung saya

7)  Secara jujur saya dikatakan kekuatan itu salah satunya adalah
Islam yang ideologis yaitu cara pandang Islam yang bukan sekedar
agama tapi Islam yang meliputi aturan Kehidupan. Ini bukan sentimen
keyakinan saya, namun sungguh bila kita cermati kenapa gerakan Islam
yang ingin menerapkan aturan Islam yang menjadi bidikan. Sedangkan
gerakan yang kurang gaungnya tidak menjadi bidikan. Atau dilunakkan
dengan halus. ^_^.

DH: kekuatan Islam yang ideologis dilakukan siapa? Arab Saudi?
Kuweit? Yemen? Somalia? Nigeria? pakistan? Bangla Desh? atau
Ba'ashir and club?

8)
>   Ancaman lain adalah confusianisme atau komunisme yang tidak bisa
ditaklukkan oleh Peradaban AS. Karena confusianisme juga merupakan
ancaman peradaban atau prinsip pemerintah AS. Peradaban itu meliputi
kepentingan sosial, politik, ekonomi, budaya, komunikasi dll.

>   Cobalah tengok negara-negara tersebut (Cina) menjadi pengimbang
kekuatan AS dan masih sulit ditaklukkan, semata-mata mereka bukan
karena maju secara teknologi,sains dan ekonomi. Adalah salah jika
kita menilai kemajuan suatu bangsa hanya semata-mata materi saja.

DH: bagaimana dengan Buddhisme? Jepang dan Korea itu Buddhist lho
mbak! Bagaimana dengan Hinduism? India itu Hindu lho mbak! bagaimana
dengan Kejawen?

9)

>   Namun nilai-nilai spirit dan keyakinan yang mereka yakini secara
kuat, memotivasi mereka dalam memajukan negara mereka. NIlai
confusinisme. Sedangkan agama lain... sulit jika mereka bersifat
sekular karena karakteristik sekular sama dengan prinsip hidup AS.
Jadi kalau berpikiran sekular kita menjadi teman dan mendukung
strategy mereka, mohon maaf bila menyinggung.

DH: Sekali lagi, di Jepang dan India gak ada confucianism lho mbak?

10)  Begitulah kenapa saya keras kepala berbicara syariat Islam bagi
umat ISlam. Dan bagi non Islam silakan memperkuat keimanan agama
masing-masing.  Syukur menerima syariat Islam. ^_^

DH Lho bukan tiap Muslim MENERIMA Sjariat islam dalam hidup mereka?
siapa yang tak menerima mbak? Yang banyak ditolak kan negara agama,
mbak? ini beda kan?

11)
>   Yah.. kalau ini dianggap omong kosong, tak apalah...ini analisa
mungil saya bisa salah atau benar. kita sedang bertukar pikiran.
CMIIW,

DH: Saya kira ini bukan analisa, karena tak memakai referensi dan
pendasaran. Ini kan sekedar gunjingan, atau obrolan diwarung

See what's inside the new Yahoo! Groups email.
http://us.click.yahoo.com/2pRQfA/bOaOAA/yQLSAA/BRUplB/TM