[nasional_list] [ppiindia] Re: Sekali lagi: Syariat Islam, sebuah wacana

  • From: "RM Danardono HADINOTO" <rm_danardono@xxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Thu, 20 Jul 2006 09:10:51 -0000

http://informasi-beasiswa.blogspot.com **Kalau anda menyimak tulisan tulisan
saya sejak bertahun yang lalu,
mbak akan lihat, saya tak pernah mengusik Syariat itu an sich.
mengapa? Karena Syariat Islam adalah masalah umat Islam, kami
mengurus peraturan agama kami, juga umat lain.

Syariat Islam adalah sudah ada sejak Islam berdiri, jadi mereka yang
mengaku umat islam pasti menerimanya. Jadi, saya heran, kok mbak
mempersoalkan ini. saya menerima peraturan agama Kristen, karena
saya beriman agama ini. begitu juga teman teman Buddha, Hindu Bali,
dll.

Yang saya TOLAK, juga kebanyakan umat Islam sendiri, adalah, kalau
Syariat Islam dijadikan hukum negara, sehingga negara ini menjadi
negara agama.

Mbak lihat, bahkan Saudi Arabia, tempatnya umat Islam naik haji,
adalah berbentuk aristokrasi (kerajaan), sebagaimana juga para
Emirat Arab, Jordania, Tunisia, Marokko, bahkan tetangga kita,
kesultanan Brunei. jadi bukan bentuk khilafah atau semacam itu.

Negara negara mayoritas Muslim lainnya, memilih bentuk demokrasi
pemilihan, Mesir, Syria, Pakistan, Bangla Desh, Malaysia, Indonesia,
Palestina.

Libya memilih bentuk unik, kepemimpinan seorang leadar, Gaddhafi.

Tentang mau memasukkan nafas islami dalam perundangan, itu adalah
masalah legislatif, pembuatan hukum, selama berjalan dijalur
demokratis, why not? Tentu saja, dalam proses demokratis, semua
unsur bangsa dilibatkan, tak perduli mino atau mayo. Jadi, kalau ada
perundangan yang terasa menabrak kepentingan satu kelompok bangsa
kita, haruslah disesuaikan.

Azas moralitas ditemukan dalam TIAP ajaran agama, juga Kristen,
Buddha, Hindu bali, dll., jadi agama agama inipun berhak menjadi
sumber aspirasi pembuatan perundangan.

Yang dicoba oleh DI/TII tahun 50an dan 60an awal, yang berakhir
dengan ditembak matinya Kartosuwiryo oleh regu penembak dari semua
Angkatan, adalah, merobah bentuk negara, menjadi negara agama
(Islam). Mbak lihat, ini ditolak oleh segenap anak bangsa, dan
jajaran angkatan bersenjata yang mengawal negara ini.

Andaikata,mbak, hanya golongan NON Islam, yang menolak bentuk negara
Islam, ini tak ada artinya. Negeri ini akan menjadi negara agama,
kecuali, beberapa wilayah yang 90% NON Islam, seperti bali,
Minahasa, dll, akan memisahkan diri.

Tetapi, kenyataan sejarah adalah, sebagian besar umat Islam sendiri,
MENOLAK bentuk negara Islam. Ini kita buktikan 60an tahun sejak
negara ini didirikan.

17 Agustus 1945 sampai mbak lahir dan dewasa, adalah waktu lama,
juga selama ini, yang mbak alami, dan akan alami.

Kalau mbak berjalan jalan ke negara kecil tapi makmur di Eropa,
seperti Finnlandia, Norwegia, Austria, Swiss, Denmark,Luxemburg,
mbak akan takjub akan kemerataan sosial, disiplin kerja, ketaatan
hukum, disini. Mbak akan berfikir "wah betapa islami negara negara
ini".

Bandingkanlah dengan korupsi besar besaran dinegara negara yang
mengaku mayoritas Islam, bahkan pemerintah Palestina selama ini.
Mesir, Tadjikistan, Uzbekistan, Azerbaijan...atau Indonesia.

It's time to wake up, mbak.

salam

danardono

--- In ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx, aris solikhah <fm_solihah@...>
wrote:

> Saya memang meyakini mayoritas umat Islam tak menolak syariat
Islam, kecuali yang mengakuinya. hehe he  Alhamdulillah jika tak ada
yang menolak syariat ISlam, saya cukup lega dan berbahagia. apalagi
Buat anspirasi UU, misalnya perda syariah, UU dan RUU APP dan UU
hukum, UU pemerintah lain. Alhamdulillah.

>   Alhamdulillah mbah Danar juga tak menolak syariat ISlam lagi.
Gitu dong mbah...., postingan mbah ke depan akan menunjukkannya.
kalau mbah benar-benar tak menolak syariat Islam.
>    Persoalan negara Islam bisa dibicarakan dan diskusikan nanti.
Akan lebih enak ngobrol dan diskusinya kalau sudah banyak yang
setuju syariat Islam.

> [...]
>

> --- In ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx, aris solikhah

> memposting hal-hal yang sifatnya penolakan syariat Islam. saya
> maklum ko. Bila akidahnya saja tidak mau mengimani Islam, sangat
> dimaklumi jika beliau tak mempunyai keinginan syariat Islam
> diterapkan. saya hanya kadang agak sedikit heran dengan postingan2
> yang memakai label nama islami atau beberapa umat Islam yang
> terang2an menolak syariat Islam. But itu pun juga saya bisa
> memaklumi. Kalau menolak ya terus mau diapain, dimaklumi dan mari
> kita doakan saja. Hidup itu proses... hari ini menolak, how khows

perbandingan?

Instead

Instead

> dibuktikan

> iman,

> mentafsirkannya.

> Arabia
> yang

> dari
^_^

> yang
mengatakan

terbantahkan,termasuk
> Islam

Rasyidin
> dapatlah

Islam
perkembangan

> penandatanganan
> yang

Syariah

kawasan,bukan

> syariat

> bagi
> fasih

> memenangkan
> oleh
> Islamis
> Maroko,
> di

> bin

> jalan
> Afghanistan.
> menarik
A'la

> soal

> amburadul,

warga
> apa
> memaklumkan
> menyebut

> yang
> pertama,
Tuhan"
> ini

> Syariat
> Perempuan:
> d'etre
> besarnya

> Rizal
> Kedua
> Yogyakarta,
> ter-

> acara
> itu
> oleh
kontributor
> Islamic
> sesi
mengantarkan
Syafiq

perdebatan
> Islam
> terpaku
> kalangan
> syariat
> untuk

> dikaitkan
Persepsi

> === message truncated ===
>

> The great job makes a great man
>   pustaka tani
>   nuraulia

See what's inside the new Yahoo! Groups email.
http://us.click.yahoo.com/2pRQfA/bOaOAA/yQLSAA/BRUplB/TM