[nasional_list] [ppiindia] Re: Member milis yg muslim lebih dewasa dari yg non-muslim? (trims u moderator)

  • From: "RM Danardono HADINOTO" <rm_danardono@xxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Fri, 21 Oct 2005 06:15:46 -0000

** Info Beasiswa Indonesia http://informasi-beasiswa.blogspot.com **
--- In ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx, aris solikhah <fm_solihah@xxxx>
wrote:

Mbah, anda jangan terlalu ikut campur agama lain. Anda
nggak tahu sama sekali mengenai akidah Islam. Sama
sekali.Islam dan ahmadiyah adalah berbeda. Kritisi aja
umat mbah sendiri yang juga masih nggak karu-karuan.

***** Ikut campur? bagainana caranya? memangnya saya pegawai DEPAG?
yang bilang saya tahu aqidah kalian siapa? Islam dan Ahmadiah buat
saya SAMA, seperti buat kalian Katholik, Protestant, saksi Yehova,
Mormon adalah SAMA. Kalian namakan semuanya Nasrani, ya kan?

Terkait FPI, apakah dia merupakan masalah bangsa?

***** Tidak masalah bangsa? lalu masalah siapa? gak masalah siapa
siapa? are you DREAMING?

Mungkin perlu ditarik dulu ke garis belakang. Kenapa
FPI itu berdiri. Seandainya saja pemerintah (polisi)
yang notabene muslim juga itu menindak tegas perbuatan
maksiat (entahlah apakah dalam injil apa ada perbuatan
maksiat), dan mbah pun tak perlu menjelaskan ini. Maka
FPI itu nggak perlu ada.

**** Gak perlu ada? yang bilang perlu ada siapa? anda? lalu FPI ini
apa to? polisi jadi jadian? kalau mau tahu dalam Injil ada
kata "maksiat" ya mbok baca sendiri to?

Terkait penutupan rumah yang beralih fungsi jadi
gereja. Saya pun balik bertanya, kenapa umat non
muslim melakukan hal itu? kemana rasa cinta kasih dan
pembawa kedamaian yang disanjungkan, sehingga mereka
hendak membuat gereja ditengah komunitas muslim?

***** gak membuat gereja ditengah komunitas Muslim? Lha gimana
caranya membangun sesuatu tanpa dikelilingi umat Muslim? Lha wong
umat Muslim ada di-mana mana. Lha mbok lihat itu kuil Toa se bio,
vihara dan gereja di Jakarta, dan kota lainnya, kan disekelilingnya
orang Muslim semua? Juga Kathedral yang sudah ada dizaman dkelilingi
umat Muslim? Lha di Minahasa malah terjadi sebaliknya, mesjid
ditengah umat Katholik dan Protestant gak apa apa tuh? coba lihat tu
mesjid di kota Tondano? Hahh? bangun mbak bangun...

ini namanya kalau bukan upaya pembalikan aqidah?

*** kok aqidah bisa di-balik balik? gimana caranya? emangnya bikin
telur matasapi?

Saya lebih banyak melihatnya orang non muslim
itu terlalu bersu'udzon berlebihan dengan umat Islam.

*** apa itu "bersu'udzon"? mbok pakai bahasa Indonesia mbak?

Kalau berniat baik, tak perlu membahas via email ini
dengan menghembus-hembuskan nada miring, datang aja
langsung via TKP bikin surat klarifikasi, hubungi via
telpon.

*** nada miring itu apa? siapa yang nyanyi mbak? ke TKP? apa itu TKP?
saya tidak tinggal di Jakarta, gak tahu TKP itu apa? lalu kasih
surat? mau apa? apalagi telpon? mau klarifikasi apa?

Sejak awal dimilis ini, Mbah, Anda selalu saja
mencari-cari kelemahan dari umat Islam.

**** lho mau cari kelemahan dimana? memang ada? caranya cari gimana?

Baik dengan bahasa halus, kasar dan menohok.

*** kasarnya gimana? menohok? pakai golok?

Sedihnya ada aja umat Islam yang terbawa arus larut menggibah saudara
sendiri, tanpa tabayyun (konfirmasi) dulu. Orang juga
mudah tersulut dengan pemberitaan media masa yang
belum tentu benarnya.

**** terbawa arus? arus apa? siapa yang terbawa arus? hanyut? siapa
yang tersulut? apa urusan saya dengan media? saya bukan anggauta
redaksi media apapun

Benturan peradaban adalah keniscayaan dan suatu yang
Insya Allah terjadi.

*** kok insya Allah? terjadi apa nggak?

Bukankah dalam kitab anda juga dijelaskan mengenai kedatangan Jesus
kembali yang katanya akan muncul di tanah yang diberkahi.

*** dari mana anda tahu? sudah baca Injil? atau sekedar dengar dengar?

Bukankah umat nasrani itu sedang menanti-nanti
kedatangan kembali Mesiah itu.

*** Nasrani itu siapa to? Katholik? Protestant? Advent? Saksi Yehova?
Mormon? Baptist?

Dan saat itu akan terjadi perang akhir zaman, perang Armageddon.

*** Perang Armagedon? sesudah atau sebelum Perang Teluk? siapa yang
akan ikut perang? KOSTRAD dan MARINIR AL ikut gak? kalau gak ya
jangan diurus mbak

Dan Anda tak mau membuka isi kitab mengenai ini di hadapan
publik. Karena akan menimbulkan konfrontasi besar.

**** hah buka kitab? kitab apa? primbon? dan sebagai apa saya musti
buka kitab? romo? pendeta? konfrontasi besar apa? jangan macam macam
ahhh dongeng dan realitas jangan di-aduk aduk

Naif, jika dibilang di tubuh Nasrani tak terjadi perpecahan dan
militansi.

**** yang bilang siapa? lalu apa masalahnya? anda terganggu?

Seruan Paus Urbanus II cukup menjadi bukti itu bukan.

**** apa sih seruannya? saya gak pernah urusin Urbanus, lha wong saya
Protestant, kok.

saya ndak percaya kalau Anda juga meyakini semua diatas. karena Mbah
adalah Katolik Ortodok bukan?

**** Sejak kapan saya dipermandikan jadi Katholik Orthodox? Untuk
menjadi anggauta jemaat ini kita harus paham bahasa Yunani, sebab ini
adalah agama di Yunani, Rusia dan Eropa timur. Se-umur umur saya
beluim pernah masuk gereja mereka. Lha wong saya Protestant kok..mbak
ini aneh aneh aja

Atau milis yang mbah lemparkan ke publik ini juga merupakan susunana
kerikil kecilmenuju bangunan yang menjadi tujuan utama keyakinan
Anda.

**** apa itu susunan kerikil? waktu kecil saya pakai kerikil untu
menjepret burung gereja. Bangunan apa? saya tak membangun bangunan
apa apa. Lha wong rumah sudah ada kok, tapi bukan dari kerikil.

Saya melihat suatu keironisan, mbah percaya benturan peradaban dan
agama, tapi umat Islam sendiri banyak yang tak meyakininya.

**** percaya? lha wong tiap hari terjadi kok? lha 11 September itu
apa? atau ini dongeng dan tak pernah terjadi? umat islam tak
meyakini? lha ya monggo siapa mau yakin atau tidak. gak ada yang rugi
kok.

Mbah, sungguh saya menghargai keyakinan Anda.

*** keyakinan apa? bahwa saya saya ingin bangsa ini menjadi Civil
Society yang matang? tidak lagi gebuk gebukan seperti anak kecil? Lha
mabak gak ingin Indonesia jadi dewasa?

Oleh karena itulah kalau ada email yang sifatnya pertanyaan
orang non muslim kepada non muslim (terkait akidah).
saya tak mencampurinya.

*** lha mau campur apa tidak ya bebaslahhh. Ini milis umum kok? kalau
salah kan ya sudah di-ban oleh moderator ya kan?

Saya berharap teman muslim melakukan hal serupa.

**** Lha teman teman mau bikin apa ya terserahlahh.

Kalau mengajak diskusi internal lintas agama lain silakan via japri.

**** justeru ini yang saya paling tak suka. Agama kok didiskusikan.
Di JALANkan, ya di AMALKAN. jangan teriak teriak Kecap No 1. kalau
bangsa ini ber agama agama an terus, negeri ini akan jebol lama lama.

salam,
aris

*** salam

Danardono

> [...]
> > >

> === message truncated ===
>

> "Hendaknya kita mengukur ilmu bukan dari tumpukan buku yang kita
habiskan. Bukan dari tumpukan naskah yang kita hasilkan. Bukan juga
dari penatnya mulut dalam diskusi tak putus yang kita jalani.
Tapi...dari amal yang keluar dari setiap desah nafas kita".(Ibnul
Qoyyim Al-Jauziyyah)

> Yahoo! FareChase: Search multiple travel sites in one click.
> http://farechase.yahoo.com

Give at-risk students the materials they need to succeed at DonorsChoose.org!
http://us.click.yahoo.com/Ryu7JD/LpQLAA/E2hLAA/BRUplB/TM

** Website resmi http://www.ppi-india.org **
** Beasiswa Indonesia, http://informasi-beasiswa.blogspot.com **