[nasional_list] [ppiindia] Re: Member milis yg muslim lebih dewasa dari yg non-muslim? (trims u moderator)

  • From: "RM Danardono HADINOTO" <rm_danardono@xxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Thu, 20 Oct 2005 14:44:51 -0000

** Info Beasiswa Indonesia http://informasi-beasiswa.blogspot.com **
Mbak, saya setuju sekai dengan statemnt berikut:

"Klo saya sih mikirnya sementara ini, kenapa ngurus agama lain.
Klo kita sudah yakin ama agama kita, iya nggak..."

Karena itu, yang kita bahas adalah benturan antar agama, misalnya
gangguan terhadap umat Katholik yang berdoa rosario, bukankah kita
lebih baik mengurus agama kita sendiri, seperti mbak katakan.

Atau kalau ada perbedaan dalam satu agama, misalnya Katholik dan
Protestant, tak perlu terjadi dikotomi, demukian pula antara umat
Islam dengan saudara saudara Ahmadiah.

Lebih bagus lagi, kalau kita kritik membangun bangsa kita,
menunjukkan apa yang masih salah, tanpa berangkat dari sisi agama.
Sebab kerusuhan adalah kerusuhan, seperti apa yang FPI lakukan,
adalah masalah bangsa.

Banyak saudara saudara Muslim yang sangat autokritis disini, yang tak
berpendapat, agama sendiri adalah ajaran terbaik. Demikian pula teman
Kristen, yang melihat kelemahan dari kalangannya. Misalnya, peng-
kotak kotakan antara sesama umat Kristen, adalah sangat menyedihkan.

Mbak, benar, sikap boleh beda, yang penting diskusi dengan baik,
kalau semua berpikir demikian, tak seorangpun memakai bom untuk
memaksakan kehendaknya.

Kerdewasaan, tak saja terbatas pada kemampuan autokritik, mbak, namun
lebih dari itu, juga menghargai pendapat atau akidah lain. Walau kita
yakin akan akidah kita. Inilah, yang ditunjukkan oleh romo Magnis
Suseno, misalnya.

salam

danardono

--- In ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx, aris solikhah <fm_solihah@xxxx>
wrote:

> Alhamdulillah ada juga tanggapan dari moderator.Terima kasih mas
Mario
> Saya kira benar mas Mario, saya sepakat dengan Anda. Satu sisi auto
kritik itu menurut saya sesuatu yang sangat membangun asal dilandasi
rasa sayang amar ma'ruf nahi munkar, sebagai sesama saudara muslim.
Sejauh pengamatan saya yang terbatas ini, umat Islam ternyata nggak
mati :-).

> Umumnya orang non muslim dulu yang mencampuri urusan agama lain.
Ada apa gerangan ini. Klo saya sih mikirnya sementara ini, kenapa
ngurus agama lain.
> Klo kita sudah yakin ama agama kita, iya nggak. Atau sesuatu maksud
misalnya deislamisasi gitu? Agar umat Islam alergi dengan Islam
sendiri atau dengan saudara sesama muslim sendiri. Ehm.... hati-hati
dengan belah bambu. Hati-hati juga dalam menanggapi sesuatu, setiap
tulisan kita pun kelak juga dimintai pertanggungjawabannya dihadapan
Allah.

> Saya kira kalau dia seaqidah dengan saya, dia adalah tetap saudara
bagaimana pun pilihan jalan dia. Bukankah sesama muslim itu saudara.
Mo militan atau bukan. saya sangat meyakini mereka pun melakukan itu
bukan sembarangan tapi pakai dalil. Hanya saja bagaimana kita saling
berdiskusi dan empati mencari jalan terbaik dari segala syak
prasangka yang kita bicarakan. Selain itu jangan mudah terjebak
dengan pemberitaan media masa. Sebelum benar-benar kita tahu duduk
persoalannya, kalau perlu mengklarifikasi langsung ke sumbernya.
Sedangkan orang non muslim (dzimmah) adalah konteksnya mua;amalah
biasa (mengutip kata Abu Bakar Ba'asyir yang di forward pa Ambon,
trims pa Ambon),

> Sayangnya tidak ada klarifikasi dari pihak yang dikatakan militan
jadi nggak seimbang. Orang menduga-duga saja. Padahal dugaan itu
biasanya jauh dari kebenaran. Mas Mario undang dong orang2 yang aktif
di FPI juga biar rame, MUI juga boleh deh Mas Mario, biar kita juga
tahu dan kenal dekat dengan mereka. Tak kenal maka tak sayang bukan?

*****
> Berdikusi dg Santun & Elegan, dg Semangat Persahabatan. Menuju
Indonesia yg Lebih Baik, in Commonality & Shared Destiny.
http://www.ppi-india.org

*****

____
> Mohon Perhatian:
>
> 1. Harap tdk. memposting/reply yg menyinggung SARA (kecuali sbg
otokritik)

>     Your use of Yahoo! Groups is subject to the Yahoo! Terms of
Service.

> "Hendaknya kita mengukur ilmu bukan dari tumpukan buku yang kita
habiskan. Bukan dari tumpukan naskah yang kita hasilkan. Bukan juga
dari penatnya mulut dalam diskusi tak putus yang kita jalani.
Tapi...dari amal yang keluar dari setiap desah nafas kita".(Ibnul
Qoyyim Al-Jauziyyah)

Help save the life of a child. Support St. Jude Children's Research Hospital.
http://us.click.yahoo.com/ons1pC/lbOLAA/E2hLAA/BRUplB/TM

** Website resmi http://www.ppi-india.org **
** Beasiswa Indonesia, http://informasi-beasiswa.blogspot.com **