[nasional_list] [ppiindia] Re: Hamid Basyaib: Beragama tanpa Negara

  • From: "RM Danardono HADINOTO" <rm_danardono@xxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Mon, 03 Jul 2006 07:46:50 -0000

http://informasi-beasiswa.blogspot.com **Boleh ikut nimbrung sedikit?

--- In ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx, aris solikhah <fm_solihah@...>
wrote:

> MBak Uly, saya memahami perkataan mbak. yah saya memahami jika ada
umat non muslim menolaknya, bukankah di sini kebanyakan yang menolak
SI adalah mayoritas non muslim.

DH: Kalau tak salah, yang menolak mendirikan negara agama, adalah
semua anak bangsa yang cinta Tanah Air
----------------------

ARIS:   Tapi saya masih kadang tak bisa memahami kalau yang menolak
umat Islam sendiri. Kedua saya juga memahami SI secara sempurna
masih dalam tataran wacana, belum teraplikasi total, jadi bagaimana
bisa dirasakan rahmatan lil 'alaminnya.

DH: Betul! Negara agama yang berjalan, tak pernah ada

------------------------------------

ARIS:   Sehingga untuk dibayangkan bagi orang yang tidak tergambar
(non muslim) bagaimana ISlam dan pelaksanaannya.  Namun setidaknya
jika saya diminta memberi contoh sebuah idealisme pelaksanaannya,
atau prototipenya saya bisa mengisahkannya pada masa Rasulullah dan
Khulafaur Rasyidin serta Umar bin Abdul Aziz. Ada acuannya.

DH: Kisah dari ribuan tahun yang lalu, yang belum ada penge-checkan
historisnya dalam Ilmu tatanegara?

ARIS:   Dan bUkan idealisme mengawang yang kedengaran indah namun
kenyataannya hingga  diterapkan kini, tidak ada prototipe negara
ideal. Malah hancur.....

DH: Tak usah ideal lahhh, yang optimal cukup: Austria, Norway,
Monacco, Swedia, Swiss, Luxemburg, Singapura, Korea. Buktinya jutaan
umat Muslim cari sesuap nasi kesana
------------------------------

ARIS:   Sedangkan fakta sekarang, belum ada aplikasi SI secara
sempurna, kadang baru SI parsial atau simbol semata.

DH: Apa sih yang sempurna? dicoba sedikit dan jalan, juga tak ada.
Malah setelah mencoba menjadi amburadul: Nigeria dan semacamnya
--------------------------------
ARIS:   Saya hanya mengatakan.. biarlah kami mengusahakannya.. dan
tunggulah dengan sabar suatu saat nanti... hidup adalah proses,
tidak bisa instan....
>   salam from Bogor

DH: Kami itu siapa? Anda lupa sebagian besar anak bangsa? hidup
memang proses, semua kita jalankan hidup ini, kita lihat saja apa
yang kita masing masing alami sampai kita mati..
saudara saudara dari Minahasa, bali dan lain lainnya juga hidup
terus, dan membangun hari depan mereka, seperti yang mereka idamkan,
dan alami secara nyata sampai kini. Bukan menanti kisah 1001 malam...

Salam dari Eropa

Yahoo! Groups gets a make over. See the new email design.
http://us.click.yahoo.com/XISQkA/lOaOAA/yQLSAA/BRUplB/TM