[nasional_list] [ppiindia] Muwaffaq

  • From: Lina Dahlan <linadahlan@xxxxxxxxx>
  • To: PPIINDIA <ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx>
  • Date: Fri, 22 Sep 2006 01:36:14 -0700 (PDT)

http://informasi-beasiswa.blogspot.com **Pada suatu masa ketika selesai pergi
haji, aku (Abdullah bin Al-Mubharak), tertidur di masjidil hara, dan bermimpi
melihat dua malaikat turun dari langit dan ngobrol, lalu yang satunya
bertanya,"Berapa banyak orang berhaji tahun ini?". "Enam ratus ribu!" "Berapa
banyak yang diterima?".

  "Tidak seorangpun yang diterima, kecuali seroang tukang sepatu di Damsyiq
yang bernama Muwaffaq. Dia tidak dapat berhaji, tetapi diterima hajinya,
sehingga semua yang haji pada tahun ini diterima dengan berkat diterima haji
Muwaffaq itu".

  Ketika aku mendengar percakapan itu, aku terbangun dan langsung berangkat ke
Damsyiq, ke rumah Muwaffaq untuk bertanya kebaikan apa yang telah dia lakukan
sehingga mencapai derajat yang demikian tinggi.

  Muwaffaq menjawab,"Sudah lama sekali aku bermaksud menunaikan ibadah haji,
tetapi tidak bisa karena keberadaanku yang miskin. Namun mendadak saya
mendapatkan uang tigaratus dirham dari pekerjaan membuat dan menambal sepatu.
Lalu saya berniat menunaikan ibadah haji pada tahun ini. Namun, suatu hari
istriku yang tengah hamil mencium bau makanan dari rumah tetanggaku, dan dia
menginginkan makanan itu.Maka akupun pergi dan mengetuk pintu rumah tetanggaku,
dan keluarlah seorang perempuan menyambut. Saya memberitahukan hajatku untuk
meminta makanan bagi istriku. Maka jawab perempuan itu,"aku terpaksa membuka
rahasiaku. Sebenarnya anak-anak yatimku sudah tidak makan selama tiga hari.
Maka aku keluar untuk mencari makan bagi mereka, tiba-tiba aku mendapatkan
bangkai himar. Lalu aku potong sebagian dagingnya dan aku masak. Maka makanan
itu halal untuk kami, tetapi haram atas kamu," jawab perempuan itu.

  Mendengar jawaban itu, segera aku kembali ke rumah mengambil uang sebanyak
tigaratus dirham itu, dan aku serahkan kepada tetanggaku itu. Aku katakan
kepada ibunya,"Belanjakan uang ini untuk anak-anakmu yang yatim itu! Dan aku
berkata kepada diriku,"Hajiku di muka pintu rumahku, maka ke manakah aku akan
pergi?"

  [Kisah Kisah Teladan dari Durratun-Nashihu dan Irsyadul 'Ibad]

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
    (Yahoo! ID required)