[list_indonesia] Re: [ppiindia] Walisongo itu Cino! - Versi baru:-))

  • From: Satrio Arismunandar <satrioarismunandar@xxxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Tue, 5 Apr 2005 22:27:52 -0700 (PDT)

Pertentangan antara etnis Cina dan Melayu (pribumi)
sebetulnya sengaja diciptakan Belanda, yang khawatir
dominasinya akan terancam jika dua golongan itu
bersatu.

Oleh karena itu, Islam sebagai unsur pemersatu antara
dua etnis itu harus dikikis. Belanda mendorong
masuknya kalangan Cina lain (yang non-Muslim) ke
Indonesia, untuk memangkas kelompok Cina muslim.

Hal ini terus diwariskan sampai sekarang, sehingga ada
orang Islam yang kaget jika diberitahu bahwa bahwa
banyak Cina muslim dulu masuk ke Indonesia (terutama
lewat pelayaran muhibah Laksamana Cheng Ho), dan
mereka berperan besar dalam penyebaran Islam
(khususnya di daerah pesisir utara Jawa).

Saya membaca ini ketika melakukan riset untuk Program
Perjalanan Islam di Indonesia (sejarah) untuk Trans
TV, yang telah ditayangkan tahun 2004 lalu.

Satrio

http://mail.yahoo.com