[fogri] Re: pre-drill well - polarization horn

  • From: Muhammad Fauzi <mhfauzi@xxxxxxxxx>
  • To: fogri@xxxxxxxxxxxxx
  • Date: Wed, 6 Mar 2002 08:50:05 +0700

Betul sekali Mas Rovicky, kita menggabungkan data model dengan real data.
pengalaman kami untuk melakukan hal tersebut tidak sampai bikin drilling
molor.
Oh ya dalam hal ini kita menggunakan realtime link. waktu itu saya coba-2
bikin real datalink menggunakan jaringan satelit yg ada dan freeware di
pasaran. kita tinggal sediakan sebuah PC di Rig sebagai server dari system
web based dan kita bisa memonitor hasil LWD dari kantor/rumah.
bahkan dari rumahpun cuman memakan waktu 20 detik untuk Up. Tapi kemudian
system tersebut di boikot sama anadrill dengan cara tidak mau memprovide
data ke PC server dengan alasan data tersebut tidak boleh keluar dari rig
tanpa izin mereka .. loh ?. (yang jelas mengurangi revenue mereka karena
anadrill juga menawarkan system real time link tapi PC to PC dan harganya
$1000 /day........ tapi itulah yg jelas link bule-to-bule lah yg menang)
Wah jadi ngelantur.. balik lagi ke masalah..
Langkah praktisnya adalah :
- membuat model kecil di sepanjang path well kita.
- update real path ke dalam model
jika prediksi dan real data masih conform, maka iterasi memasukkan real well
path kita tersukan.
-jika mulai tidak conform(marker, GR, Res), kemudian model kita update
dengan cara flexing marker dan repopulate properties dengan real data.
- kemudian kita extract lagi hasil model tsb dalam 1D.
itu aja yg dilakukan dengan iterasi.
biasanya kita paling care dengan marker-marker terakhir sebelum KOP, juga
setelah KOP kan banyak waktu saat sedang nyemen casing. Yang jelas tidak
sampai menambah drilling cost lah..

trims,
mfz
"well watching nggak harus dari rig site kan ?"