[fogri] Re: [iagi-net] Low Contrast Resistivity

  • From: KARTIKO-SAMODRO Ferdinandus <Ferdinandus.KARTIKO-SAMODRO@xxxxxxxxxxxxxxxx>
  • To: fogri@xxxxxxxxxxxxx
  • Date: Wed, 30 Jan 2002 08:16:05 +0800

Mas Vicky....

pake crosplot antara log apa dan apa...?
kalau crosplot density neutron kan hanya memberikan jenis
lithologynya....?

"Rovicky Dwi Putrohari" <rovicky@xxxxxxxxx>
Sent by: fogri-bounce@xxxxxxxxxxxxx
29/01/2002 05:10 PM
Please respond to fogri

        To:     <iagi-net@xxxxxxxxx>, <fogri@xxxxxxxxxxxxx>
        cc:
        Subject:        [fogri] Re: [iagi-net] Low Contrast Resistivity

membedakan minyak dan air secara fisis ?
tentunya kita lihat saja dengan cara yang lain mudah .... sifat fisi apa
yang berbeda diantara keduanya ... kalo resistivity sudah tidak bisa lagi
... ya musti diusahakan dengan parameter fisis yang lainnya ...
Apakah kontras densitasnya cukup membedakan ? .... betul sih sangat kecil
bedanya ... namun seandaninya anda mengasumsikan batuannya sama, seragam,
homogen dari atas ke bawah ... maka dengan melihat perbedaan "kecil" dari
densitas barangkali bisa ....
Atau nuclear responsenya sama ngga antara air dan minyak ?
Kalo memang benar bahwa nuclear log (neutron) lebih melihat hydrogen ....
maka anda akan melihat perbedaan jumlah atom hydrogen dalam minyak dengan
jumlah atom hydrogen dalam air .... jadi ada alternative lain untuk
melihat
kontras keduanya. .....
Sekali lagi asumsinya batuannya homogen ... atau lakukan dengan crossplot
sehingga seolah anda menormalisasikan faktor lithologi. Seandainya hasil
crossplot ini anda kembalikan ke lognya .... mungkin anda akan mengahadapi
seolah minyak ada dibawah air ..... karena permainan crossplot saja.

Jadi sebelum anda menyerah dengan tool yang cukup mahal ... mungkin cara
yg
sangat basic ini membantu.
Dan ajangan lupa bantuan yang lain ... cutting show, gas show dll ....

Salam
RDP