[fogri] Re: Underbalance drilling (UBD)

  • From: Bambang Murti <BMurti@xxxxxxx>
  • To: fogri@xxxxxxxxxxxxx
  • Date: Wed, 16 Jan 2002 05:31:46 -0600

Kalau aku ndak keliru, biasanya UBD dilakukan dengan maksud tertentu,
misalnya untuk mempercepat pengeboran (UBD akan meningkatkan ROP,
litologinya sudah retak akibat hidrostatik pressure lebih rendah dari
formation pressure) atau karena tekanan reservoirnya sudah depleted, hingga
dibawah hidrostatik, dimana kalau dibor dengan air tawar saja sudah bisa
menyebabkan terjadinya loss. Salah stau alternate-nya adalah dengan
mempergunakan base fluid dari produk hidrokarbon (misalnya solar) atau
gas-gas inert (Nitrogen). Prinsip yang dipakai sama kalau kita melakukan
pekerjaan TCP.
Dengar dengar lapangan Jatibarang untuk development wellnya sekarang
mempergunakan (atau sedang mempertimbangkan) metode ini (ngebor pakai
nitrogen), lagi nunggu logging tool yang sesuai.
Memang sih, dengan UBD umumnya mud invasi bisa minimum (tapi juga tergantung
komposisi fluidnya), tapi, rasanya pengeboran UBD tidak menjamin skin
disekitar well bore akan rendah. Banyak faktor lain yang bisa menyebabkan
tingginya skin damage, termasuk metode completion yang kurang tepat. Perlu
juga diingat bahwa UBD cenderung membuat terjadinya formation sloughing,
sehingga borehole geometry-nya jelek, otomatis banyak semen yang diperlukan
untuk menutupnya.
Seingatku kalau untuk didaerah sekitar Madura strait, justru yang banyak
terjadi adalah overpressure disekitar zone transisi Pucangan eqv.(lihat aja
banyaknya kasus blow out disana, termasuk sumur Oyong), sehingga UBD bukan
merupakan hal yang sesuai untuk zone tersebut. Kalau mendekati objektif di
Kujung eqv., biasanya tekanan formasi sudah normal kembali. Lost circulation
justru terjadi karena karbonat-nya banyak mengandung fraktur.

Bambang