[fogri] Re: Synthetics/Pseudo curve Logs

  • From: "Jeffry Gunawan" <jgunawan@xxxxxxxxx>
  • To: <fogri@xxxxxxxxxxxxx>
  • Date: Tue, 27 Nov 2001 01:10:29 +0800

Paulus, anda itu terlalu naif untuk menafsirkan segalanya sebagai curve
fitting. Ada banyak informasi dalam applikasi itu (black box)  yang harus
kita pahami dengan benar (teori , asumsi dan limitasinya) sehingga kita tahu
apa yang kita buat.

Contohnya Largo (karena Pak Rovicky sudah menyebutkan). Saya melihatnya
sebagai suatu aplikasi untuk memahami tentang rock physics (reservoir
khususnya). Kita akan mensyntesa salah satu log atau lebih dengan dengan
beberapa metode yang ada kemudian disimulasi dengan fluid substitution
(Gassman fluid substitution). Hasilnya kemudian baru dibandingan dengan
measured log yang ada. Kalau tidak "sama" (not align) dilakukan fit function
sebagai langkah terakhir (optional), kalau sama , fit function ini tidak
dipakai. Dengan fluid substitution itu kita dapatkan syntesa log kita untuk
brine , gas dan oil case. Hasil ini dioverlay ke dalam crossplot dari
reservoir target kita , sehingga kita tahu reservoir target kita itu
mengandung fluid apa.(sayangnya Largo , tidak bisa untuk mixed case,
misalnya , 10% gas dan 90% brine). Syntesa Log dalam Largo dilakukan dengan
perhitungan fisis matematis dari beberap metode yang ada (Di mana beberapa
metode itu hasil dari pengukuran empiris). Jadi Largo itu bukan  curve
fitting !!!!
Pak Joko , mohon saya dikoreksi kalau saya salah.

Kembali ke pertanyaan Pak Rovicky mengenai subject di atas, saya memahami
Pseudo log/synthetic log itu adalah membuat atau mensyntesa log dari log
data yang lain. Contoh sederhana , Kalau kita punya log P-sonic tetapi kita
tidak mempunyai S-sonic (shear velocity) maka bisa dibuat dengan metode
relasi empiris Castagna untuk velocity. Hasil S-sonic ini disebut Pseudo
S-sonic bukan measured S-sonic dari logging. Contoh yang lain Pseudo density
dari P-sonic dengan Gardner equation.

Jeffry