[fogri] Re: Seismic Attribute

  • From: Franciscus_Sinartio@xxxxxxxxxxxxxxx
  • To: fogri@xxxxxxxxxxxxx
  • Date: Sat, 20 Oct 2001 07:26:02 +0700

ikutan nimbrung.
pertama mari kita lihat dulu penggunaan seismic attribute, yaitu untuk aplikasi
kualitatif dan kuantitatif.
yang kualitatif adalah untuk membuat model geology dari daerah yang di evaluasi,
jadi bisa berupa paleo depositional setting, bisa hanya sekedar identifikasi
jenis batuan, atau jenis fluid yang ada di dalamnya.
sedangkan kalau yang kuantitatif, biasanya dipakai bantuan crossplot untuk
menghubungkan nilai seismic attribute tsb dengan nilai yang diukur secara
langsung atau tidak langsung (biasanya fluid atau rock properties, misalnya
porosity, permeability ?, fluid pressure, fluid saturation, etc. )

nah yang dimaksud yang mana ?????
kalau yang kualitatif, saya punya print out dari diskusi panel HAGI  april 2001
lalu,   dari print out itu ada tabel yang bisa dipakai sebagai "guide line"
untuk analisa kualitatif nya.  disebut sebagai guide line karena banyak surprise
yang bisa di dapatkan dari mencoba merun berbagai macam attribute.sayang file
PPT nya Satyavan (presenter )  dan  Paul Thompson (presenter juga) terdelete
dari computer saya.   Kalau teman teman dari Schlumberger dan Landmark ada yang
punya filenya, saya akan gabung dengan filenya Pak Basuki P untuk dibagikan
(HAGI komwil Jakarta masih utang CDROM PPT ini ke beberapa orang)

  untuk analisa kualitatif, jangan takut untuk menggabung atau meng "enhance
mathematically" attribute yang didapat. karena kalibrasi nya adalah bentuk
geometry yang bisa di assosiasikan dengan depositional setting. jadi tidak perlu
tahu arti fisis nya.  sebut saja hybrid seismic attribute.
sebenarnya nama hybrid attribute di berikan oleh Alistair Brown untuk attribute
hasil dari facies classification dari Stratimagic (Paradigm), atau polynomial
classification dari SeisClass (Geoquest). tapi kita bisa pakai istilah tsb.
jangan lupa kalibrasi interpretasi depositional setting ini dengan data well
yang ada, karena bentuk geometry biasanya tidak unique

Kalau untuk kuantitatif, kita harus berhati-hati dalam pembuatan hybrid
attribute, karena kita  biasanya hanya menganalisa beberapa point saja, dan kita
bisa dengan sangat mudahnya membuat hubungan linear atau polynomial atau
exponential atau model matematika yang lain  dengan error yang kecil. padahal
sebenarnya attribute tsb. tidak ada hubungannya dengan sifat fisis dari batuan
atau fluid yang di korelasikan dengannya.

oh ya hampir lupa,  hasil A.I  dan E.I. dari inversion juga adalah seismic
attribute, maksudnya bisa juga dipakai sebagai attribute untuk analisa
kuantitatif dan kualitatif.  kalau terlalu mahal cukup di run beberapa key lines
atau path yang melalui well saja, lalu sisanya (atau keseluruhan 3D cube) di run
pakai "inversion sederhana"  yaitu dengan meng extract wavelet dari beberapa
well lalu di cross-correlation kan dengan seismic data nya, jadi  akan dapat
A.I. nya dan bisa dilakukan untuk P atau S wave (kalau ada VSP atau S wave line
nya, atau bisa juga bikin pseudo S-wave wavelet)
(ingat prinsip dasar linear system + correlation).

........  bersambung,  mau morning meeting dulu.
fbs

"Rovicky Dwi Putrohari" <rovicky@xxxxxxxxx> on 10/19/2001 10:38:57 PM

Please respond to fogri@xxxxxxxxxxxxx

To:   fogri@xxxxxxxxxxxxx