[fogri] Re: Inversi di fluvial

  • From: "Hasan Sidi" <hsidi@xxxxxxxxxxxx>
  • To: <fogri@xxxxxxxxxxxxx>
  • Date: Mon, 13 May 2002 15:56:59 +0700

Untuk Rovicky: Kelebihan simultaneus inversion adalah informasi distribusi
fluida yang lebih akurat yang nantinya bisa membantu simulasi reservoir.
Memang akan lebih "mahal" karena memerlukan input yang lebih banyak akan
tetapi bergantung kepada objektif-nya. Jika memang akurasi tersebut yang
dikejar, cost-nya masih akan lebih murah timbang drilling dry infill-well.
Kalau untuk ke-ekonomis-an, mungkin bisa dicoba post-stack inversion dahulu
(dengan asumsi ada separasi impedance) dan kemudian dikaji kembali untuk
kemungkinan simultaneous/AVO inversion.

Untuk Paulus: Rumus Connolly yang umumnya dikenal dengan BP approximation
memang disediakan di Jason sebagai option untuk memodelkan EI pada well
location (low frequency model). Hal ini disebabkan method ini paling stable
walaupun mempergunakan assumption bahwa Vp/Vs adalah constant. Namun untuk
inversinya sendiri, persamaan tersebut tidak dipergunakan. AVA reflectivity
dihitung dnegan mempergunakan Knott-Zoeppritz equations atau pendekatan
Aki-Richards equation.

Moga-moga bisa membantu.

F. Hasan Sidi
Jason Geosystems - Jakarta office