[fogri] Re: Formalize fogri

  • From: "Rovicky Dwi Putrohari" <rovicky@xxxxxxxxx>
  • To: <fogri@xxxxxxxxxxxxx>
  • Date: Wed, 9 Jan 2002 01:02:16 +1100

> Saya pernah tawarkan kepada teman-teman reservoir engineer di kantor
> untuk ikut milis ini, mereka jawabnya "ingin" ikut tapi saya tidak tahu
> persis apakah mereka jadi ikut mendaftarkan diri. Saya usulkan untuk
> mengundang langsung para "reservoir engineer" nasional melalui email
> untuk bergabung di milis ini. Apakah pernah dilakukan ?? Ini bisa
> dilakukan oleh moderator milis. Kalau kita bisa mengundang 50 orang dan
> bisa aktif terdaftar 50 % saja sudah lumayan banyak. Kalau ada 2 atau 3
> orang aktif ikutan di milis sudah lebih dari lumayan untuk meramaikan
> [...]
========
Mas Iman dkk,

Terima kasih atas support yang diberikan ke FOGRI untuk membuat menjadi
organisasi yang mempunyai bentuk formal. Sehingga dapat berkiprah lebih
riil.

Tujuan awal pembentukan milist FOGRI ini hanyalah sebagai media komunikasi
ketiga organisasi besar yang terutama banyak berkecimpung di perminyakan
yaitu IAGI-HAGI-IATMI. Salah satu topik(forum) yang saya rasa dapat
menjembatani ketiganya adalah forum geofisika reservoar. Dahulu diawali dari
beberapa temen yang berkumpul di S-2 MIPA UI, dimana temen dari geofisika
yang merasa kurang mengerti ilmu geologi, juga yang dari geologi kurang
mengerti fisika. Dan ketika saya mengikuti PIT IATMI di Senayan tahun 2000
saya melihat potensi utk sekalian menggabungkan dengan temen-temen Reservoir
Enginner. Dimana saya rasa Reservoir Engineer perlu juga membuka komunikasi
dengan geoscientist.

Perkembangan selanjutnya adalah pembuatan milist yang awalnya ada di server
gratis namun akhirnya menjadi tidak gratis, dan saya pindahkan ke
freelists.org hingga sekarang.  Keinginan untuk menjadikannya organisasi
formal dipicu ketika melihat FOSI yang cukup luwes bergerak di bawah IAGI.
Kegiatan FOSI cukup profesional sehingga adiknya yang baru lahir ini akan
mengikuti jejak kakaknya.

Sebenernya kalao dilihat dari anggota milist FOGRI kita ini yang sudah
tercatat sebanyak 90-an. Ada banyak anggota yang profesinya geologist dan
geophysicists juga beberapa reservoir engineer juga yang saya tahu. Kalau
untuk keaktifan dalam berdiskusi mungkin temen-temen dr reservoir engineer
sangat sedikit dibandingkan temen-temen dari Geologi dan Geofisika yang
sudah terlatih berdiskusi lewat milist di IAGI-net serta HAGI-net (Milist
HAGI inipun masih kurang aktif). Beberapa temen dari IATMI sudah pernah saya
undang bahkan dulu saya juga pernah memasukkannya ke milist IATMI di
Yahoogroups. Namun mungkin karena yahoogroups banyak di banned di beberapa
perusahaan menjadi kendala komunikasi.

Selanjutnya saya buat homepage FOGRI utk melengkapi media komunikasi yang
lebih bagus dengan membuat online publication yang banyak diisi oleh Dyah
dll.

Terus terang saja untuk menjadi anak organisasi HAGI, saya pribadi masih
ragu apakah bisa seluwes FOSI. Namun ini perlu dijajagi juga terlebih dahulu
sehingga HAGI siap mempunyai anak organisasi karena biasanya anak kecill
suka manja dan nakal kalo bermain-main.

Naah saat ini FOGRI memang sedang dalam detik-detik kelahirannya .... doakan
saja semoga bisa bermanfaat buat anda semua.... karena FOGRI ini milik anda.

Rovicky DP