[fogri] Re: FW: [HAGI-NETWORK] petrophysical map

  • From: Sumar Mahadi <smahadi@xxxxxxxxxx>
  • To: "'fogri@xxxxxxxxxxxxx'" <fogri@xxxxxxxxxxxxx>
  • Date: Tue, 31 Jul 2001 04:10:43 -0700

mBak Dyah Yth.

Kalau boleh share pengalaman dalam membuat peta kontur ketebalan batuan ,
porositas atau saturasi air suaru reservoir dengan menggunakan workstation,
khususnya di daerah dengan env.Deltaic sediment, maksudnya bentuk/type
pasirnya berubah dengan cepat.
Langkah pengerjaannya harus berurutan.
Pertama peta ketebalan harus dibuat dahulu.
Sebelum proses grid dilakukan buatlah poligon dari maksimum ketebalan
batuannya lebih dahulu.
Poligon ditarik dengan mempertimbangkan bentuk/type sand dan besarnya
ketebalan pasir yang dijumpai pada sumur  kontrol didekatnya, dekat dan
jauhnya ditentukan ketebalan dan spasinya disekitar . Sebaiknya pilih
kerjakan dulu poligon untuk channel sand yang anda gambar seperti tongkat
bengkok, yang anda gambar adalah poligon maksimum ketebalan dengan hati hati
karena ini akan sangat mempengaruhi perhitungan anda nantinya / $-nya.
Arah /pola poligon ini tergantung model yang anda gambar berdasar
bentuk/type pasir yang dijumpai dan dikorelasikan. Untuk type pasir yang
lain mungkin perlu ditambah poligon dengan arah berbeda sesuai dengan model
anda dikepala.
Bentuk poligon usahakan sesederhana mungkin.
Sesudah poligon jadi baru dilakukan griding. Bila hasil konturnya kurang
berkenan dihati, cukup anda ubah poligonya saja dan di grid lagi, sampai
anda terpuaskan dengan hasilnya.

Untuk penggambaran peta kontur yang lain saturasi atau porositas anda harus
membuat poligon juga yang diambil dari peta ketebalannya, usahakan tidak
memotong/keluar peta ketebalannya, masih dalam tubuh pasir yang bersangkutan
typenya, kemudian baru di grid dan diulangi kembali dengan mengubah poligon
nya sampai terpuaskan kembali, dst dst.

Semoga teknik yang saya lakukan pada akhir tahun 80 sampai awal 90 an masih
dapat dipergunakan dan selamat mencoba.

Salam.
Mahadi

        atauada yang sering melakukan pemetaan untuk