[fogri] Re: Elastic-Impedance : RE: bertanya peluang TA

  • From: Paulus_Allo@xxxxxxxxxx
  • To: fogri@xxxxxxxxxxxxx
  • Date: Thu, 18 Oct 2001 07:42:39 +0700

Saya coba ikut nimbrung, dan mencoba membagi pengalaman dari project
Elastic
inversion yang pernah dibuat (lihat attachment).
Kesimpulan dari project itu:

1. Porosity variation. Kalau kita naikan porosity (dalam hal ini sand)
sebesar 5 unit saja, maka AI menjadi softer atau kalau dilihat dari seismic
syntheticnya akan dimming. Sebaliknya kalau porosity dikurangkan 5 unit,
maka AI akan  harder, seismic synthetic lebih jelas. Jadi kalau Karbonat
mempunyai porosity yang cukup baik dibandingkan dengan sand , maka AI nya
lebih softer dari sand. atau kalau porositynya besar sekali , akan tidak
terlihat efeknya dibandingkan dengan sand.

PTA:
wahh..diskusinya jadi menarik nih....
kalau pada project yg pernah anda buat, kelihatannya
hal itu terjadi kalau reservoirnya memiliki impedansi yg lebih tinggi dari
lingkungan sekitarnya (katakanlah shale).
kesimpulan ini saya ambil karena anda katakan bahwa kalau AI softer,
synthetic seismic akan dimming sedangkan kalau AI harder synthetic
seismicakan jelas. Dgn kata lain, the harder the AI of the sand semakin
jelas synthetic-nya,sebaliknya the softer the AI of the sand,
semakin dimming synthetic-nya.(CMIIW)

tapi pak, pada kebanyakan kasus kan justru reservoir sand kita
yg AI-nya lebih rendah dari sekitarnya, maka hasilnya:
kalau AI softer maka synthetic seismic jadi jelas sedangkan
kalau AI harder maka synthetic seismic jadi dimming.
jadi kalau karbonat punya porositas yg baik, bukankah
justru lebih jelas terlihat di karbonat?
mohon maaf kalau salah soalnya pendapat saya hanya didasarkan
pada teori saja, saya sendiri belum ada pengalaman mengerjakan
data karbonat. mungkin ada rekan lain yg bisa memberikan komentar?

2. Thickness variatian (variasi ketebalan). Semakin tebal sandnya semakin
jelas AInya (tetapi value tetap sama) atau bahasa inggrisnya more clearer
definition.

Dari pengalaman ini , kita harus mengerti dulu AI itu apa ? sehingga tahu
bagaimana menginterpretasikannya dengan wajar. AI bisa menjelaskan atau
membedakan lithologi batuan secara garis besar saja antara sand/silt and
shale. Tetapi AI tidak bisa membedakan antara sand dan silt atau karbonat
dan shale.

Kalau kita ingin lebih tahu reservoir kita berisikan fluids maka AI sudah
tidak dipergunakan , maka dipergunakan EI + flluid substitution.

PTA:
kalau berisi fluid maka AI tidak dipergunakan?
hmmm....kalau tidak salah mas rovicky pernah berhasil
memisahkan antara water dan hydrocarbon dgn data AI dan
sukses waktu diaplikasikan.

Dan kita
harus tahu dulu bahwa EI itu bukan merupakan sifat mutlak batuan (absolute
rock property) sebagaimana AI karena EI tidak dapat didefinisikan dalam
sifat batuan seperti density dan velocity. Tetapi EI bisa didekatkan
meliputi density, P-velocity, S-velocity dan sudut (angle). EI bisa menjadi
AI bila sudutnnya nol atau S-velocitynya nol.
EI sering digunakan untuk inversi terbatas dalam jankauan sudut atau offset
range (near offset dan far offset) (ingat AVO) dan bila kita mainkan dengan
fluid substitution akan menghasilkan hal yang menarik untuk dikaji.

PTA:
saya setuju dgn hal ini. problemnya, kadangkala AVO atau fluid substition
tidak menerangkan banyak hal. karena menurut saya, beda area, beda pula
treatment-nya. pada area studi anda mungkin EI dapat menerangkan banyak
hal, tapi tidak demikian halnya di daerah saya, oleh karena itu sampai
sekarang belum ada studi AVO dilakukan di tempat saya, karena kita tahu
(seperti yg anda katakan, kita harus tahu apa yg ada didalamnya) bahwa
AVO bukan treatment yg cocok. maksudnya kan, biar gak latah teknologi.
sebagai contoh: di papernya SEG ttg EEI, dijelaskan betapa suksesnya
dia men-derive GR dan Sw dgn EEI,
waktu saya coba di daerah saya, hehehehe......jauh dari keinginan..
padahal saya punya data yg komplit, baik Vp, Vs, densitas, GR
dan Sw.

Terlepai dari banyaknya varian EI atau AI , yang penting kita harus tahu
dulu basicnya , procedure dan condition. Hasil dari suatu study/project
tidak selalu menghasilkan apa yang kita inginkan. Tetapi kita harus bisa
menjelaskan hasilnya itu dengan ilmiah (let data tells by itself).
Contohnya: tidak banyak company yang mau mengukur S-velocity dari well.
Kalau kondisi ini sudah tidak dipenuhi , maka dicari pendekatannya atau
diambil dari well yang terdekat. Kalau hasilnya tidak seperti yang
diharapkan , bukan berarti varian EInya tidak cocok , tetapi kondisi
awalnya
sudah tidak dipenuhi.

PTA:
nahh....kalau ini jadi masalah besar di tempat saya.
kita tidak mau mengeluarkan uang jika tidak ada hasilnya,
pokoknya setipa project harus bisa memberikan tambahan data,
kalau ternyata hasil project justru tidak memberikan kontribusi
tambahan atau pendapat seperti: "Setidaknya ini membuktikan
bahwa EI tidak dapat bekerja dgn baik di tempat kita",
bisa2 saya dijewer ama boss tuh...  8-)

ttg kondisi awal, seperti yg saya katakan sebelumnya,
saya punya data komplit termasuk Vs, tapi waktu saya coba EEI,
tidak menunjukkan keberhasilan.

* apakah itu berarti kondisi awalnya tidak dipenuhi?
kondisi awal saya jelas terpenuhi karena data yg dibutuhkan utk
EEI adalah Vp, Vs dan densitas, dan saya punya itu semua.

* apakah itu berarti bahwa EEI salah dan authornya hanya membual
saja?
tentu tidak, yg jelas, AI, EI, EEI atau AVO adalah macam2
treatment yg tersedia, hanya karena tempat lain berhasil dgn EEI,
bukan berarti bahwa saya juga akan berhasil dgn EEI.

*tapi kan, it's worth to try, kali ajah berhasil, who knows?
nah, kalo ini sih buat penelitian sendiri, nanti kalau berhasil
baru report ke boss, seperti waktu saya mengerjakan EEI,
hehehe....itu sih dikerjainnya pas diluar jam kantor dan gak
pake ngobrol ke boss, jadi waktu kemarin ternyata gagal,
gak ada yg ngejewer saya...8-)

Saya setuju bahwa AI,EI atau AVO bukan magic box untuk dapat menyelesaikan
semuanya. Tetapi  pertama kita harus tahu dulu apa yang ada di dalam magic
boxnya dan bagaimana mengunakannya.

Untuk si Ecep yang mau tugas akhir , saya kira bagus juga apa yang dia mau.
Berhasil atau tidak pendekatannya , dia akan menjelaskan secara ilmiah. Dan
paling tidak dia tahu basic dan konsepnya.

Sekian dulu , mudah-mudahan bisa urun rembug. mohon maaf kalau ada yang
salah.

Wassalam,
Jeffry

reply:
saya setuju sekali dgn pendapat ini.
intinya adalah kadangkala kondisi awal sudah terpenuhi,
tapi tetap saja tidak dapat memberikan hasil yg maksimal.
itulah sebabnya ada beberapa varian dari EI.
dan kembali ke geoscientist-nya dalam memilih jenis treatment
yg diperlukan. geoscientist harus berpikir keras utk mencari
the best treatment tapi bukan dgn cara trial and error.
makanya saya setuju dgn pendapat anda bahwa kita harus tahu dulu
apa yg ada didalam setiap treatment itu, apa basic procedure-nya.
sehingga diharapkan geoscientist tidak latah teknologi dan bisa
menggunakan uang company dgn sebaik-baiknya.

soalnya disini banyak loh pak yg latah teknologi,
pas Jason publish keberhasilan mereka dalam men-detect thin sand
reservoir (4 m thickness) dgn stochastic, wahhh...disini lsg
heboh, banyak orang yg minta saya utk ngerjain stochastic....
hehehe...saya sih ketawa ajah waktu mereka minta,
soalnya saya tetap merujuk ke rekomendasi dari Jason bahwa
dalam setiap inversi harus mulai dulu dari inversi jenis
Trace-based Inversion, bila hasilnya bagus, maka ada kemungkinan
kita bisa mendapatkan informasi tambahan dgn Model-driven Inversion.
Stochastic Inversion (dlm Jason) kan termasuk model-driven inversion,
nahhh.....boro2 mau stochastic, lha wong hasil dari inversi biasa
aja gak bagus kok, malahan saking latahnya, ada yg ngasih data
yg tidak preserved amplitude dan pake macem2 agc, abis itu
minta ke saya utk ngerjain inversi, wahh....kalo yg kayak gini sih
terpaksa lsg tolak mentah2 deh...saya minta dia utk re-processed datanya
agar preserved amplitude.

banyak hal non-teknis kadangkala luput dari perhatian
geoscientist. hal yg sama juga berlaku pada seismic attributes,
tidak semua data sukses dgn seismic attributes.
pilihan kembali berpaling pada geoscientist, pokoknya
jangan trial-and-error.  :-)

Mohon dikoreksi bila ada kesalahan.

Paulus