[fogri] Re: Elastic-Impedance : RE: bertanya peluang TA

  • From: Paulus_Allo@xxxxxxxxxx
  • To: fogri@xxxxxxxxxxxxx
  • Date: Wed, 17 Oct 2001 14:06:07 +0700

duh....kok aku jadi bingung deh...
dikatakan bahwa aproksimasi AI hanya terlihat efeknya pada sandstone
sedangkan pada reservoir karbonat efek AI tidak ada pengaruhnya.

lohh...bukankah hubungan antara AI dan porositas yg cukup baik seringkali
dijumpai pada reservoar karbonat? (saya mengacu kepada training manual
dari Jason). justru kalo pada sandstone, kelihatannya justru untung2-an,
kalo reservoirnya cukup tebal dalam artian diatas limit of separability
maka kita bisa mendapatkan hubungan yg cukup baik antara AI dan porositas,
nahh....kalo andaikata sand-shale sequence atau sand-nya
tipis2 sehingga dibawah limit of separability (tapi masih diatas limit of
visibility)....waduh...paling2 keep crossing finger ajah deh pas bikin
crossplot-nya.

pengalaman saya, pada sand-shale sequence jarang bisa didapatkan hubungan
yg cukup baik antara AI dan porositas, terbaik yg pernah saya dapatkan
adalah
koefisien korelasi sebesar 0.8, belum pernah lebih baik dari itu.

EI memang cukup menggemparkan waktu pertama kali keluar,
tapi kalo kita liat lagi rumusnya, ternyata rada2 deh...
coba ajah, EI itu kan satuannya sama dgn AI (ft/sec*gr/cc atau m/s*kg/m3)
padahal rumus EI itu bukannya Vp dikali Rho, tapi Vp dikali Rho dikali lagi
sama Vs,
udah gitu mending kalo linear, kenyataannya masing2 suku masih dikasih
pangkat juga, jadi udah gak linear lagi tuh,
makanya EI sempat ditolak oleh beberapa geophysicist karena ketidaksesuaian
satuan ini (ctt: dalam fisika satuan dikedua ruas kan harus sama - cmiiw)
dan
ditawarkan solusi lain dari EI.

Akibatnya, perkembangan EI sudah lumayan jauh dan sekarang sudah
ada beberapa varian dari EI (terakhir yg saya tahu ada 4 varian).
ttg varian mana yg paling benar, IMHO, tidak bisa ditentukan,
namun bukan berarti bahwa penggunaan EI patut dipertanyakan, justru
dgn banyaknya varian EI itu semakin memberikan kebebasan kepada kita
utk memilih varian mana yg paling cocok dgn area studi kita.

concern saya, kalau si Ecep ini mau bikin TA dgn memakai aproksimasi EI
yg baru - kemungkinan akan memakai satu buah aproksimasi saja - lalu
melakukan penelitiannya dgn memakai data lapangan pada salah satu KPS,
yah....siap-siap aja kecewa, karena (menurut saya) tidak ada satupun varian
EI yg cocok utk semua daerah (kan gak ada tuh obat utk menyembuhkan semua
penyakit...tul gak?? ). Berarti harus melakukan studi terhadap beberapa
varian dari
EI, sedikitnya 4 varian dan sekarang pasti sudah nambah lagi belum termasuk
yg namanya EEI (Extended Elastic Impedance), dan kalo udah gitu
yah harus nyediain waktu lama utk penelitian.

dan yg terakhir yg perlu disadari adalah bahwa AI atau EI atau EEI bukanlah
magic box, jangan pernah menganggap bahwa problem karakterisasi reservoar
anda akan memberikan hasil yg baik dgn metode2 ini, soalnya banyak
orang yg terpengaruh sih sama iklan (duhh...sori loh buat vendor....)
akibatnya
banyak yg menganggap AI atau EI atau AVO seperti magic box, begitu hasilnya
jelek maka mereka akan lsg menuduh kualitas datanya yg jelek, padahal kan
belum tentu. mungkin saja kualitas datanya bagus tapi memang tidak bisa
pake treatment ala AI atau EI (sama aja kayak orang yg pusing2 trus minum
obat batuk,
yah jelas ajah masih tetep pusing...)

btw, mas rovicky, tanpa disadari ternyata panjang juga yah reply-an-nya,
mau juga deh ikutan bikin artikel, tapi kalo gak ada pendapat kayak Ecep
ini,
saya tidak terpicu utk menuliskan dalam bentuk artikel.   8-)

silahkan dikoreksi bila ada kesalahan dan semoga berguna.

Paulus
=============

Thanks Dyah, Aku fw ke fogri sekalian yah ...

Aku rasa studi elastic impedance sangat menarik dalam karakterisasi
reservoir. Menurut aku bukannya tidak ada pengaruhnya, namun munkin
karena perubahannya kecil sehingga tidak terlihat dalam "resolusi"
seismic. Resolusi ini dalam artian bukan hanya daya pisah saja ya ...
bisa juga resolusi di bagi menjadi "terbedakan" dan "terbaca". Mungkin
saja Studi elastic impedance dengan menggunakan data sumur bisa dilihat
dahulu sebelumnya. Buat dulu crossplot calculated EI ataupun AI dengan
parameter reservoir, mungkin awalnya jenis lithologinya (fasies-nya),
kemudian di crossplot dg parameter petrofisis lainnya. Mungkin sekali
AI/EI ini kalo diplot dalam "satu" jenis fasies akan terlihat bedanya
atau trend perilakunya. artinya kita bisa membedakannya hanya dalam
"satu" fasies tertentu. Kalau semua dicampur tentunya trend-nya ngga
kelihatan dan kita cenderung menyatakan tidak ada hubungan.

RDP