[fogri] Re: Check Shot

  • From: "Paulus Allo" <Paulus_Allo@xxxxxxxxxx>
  • To: fogri@xxxxxxxxxxxxx
  • Date: Fri, 14 Sep 2001 11:08:59 +0700

Dear All

Saya mau bertanya dan mudah-mudahan ada yang bisa bantuin.
Kapan data Check Shot dikatakan bagus kualitasnya ...

Terima Kasih.

Febry Hariyannugraha

reply:
hmm..berhubung check shot cuma peduli sama first arrival time,
maka kualitasnya dibilang bagus kalau alatnya bisa menentukan first
arrival time tanpa masalah.
karena sering terjadi alat perekam (yg ada di truk schlumberger),
mendeteksi 2 waktu first arrival.
saya pernah mengalami hal ini dan problemnya ternyata pada besarnya
gain yg diterapkan, begitu gainnya diturunin masalah tersebut tidak muncul lagi.

walaupun alat perekam di lapangan bisa menentukan first arrival
scr otomatis tapi bukan berarti bahwa alat itu selalu benar.
selalu saja ada kemungkinan salah, tapi hal ini
bukanlah masalah besar karena first arrival time bisa digeser-geser pada waktu
mem-proses data itu.

kualitas data checkshot dikatakan bagus kalau first arrival time-nya
memang first arrival time yg sebenarnya. kalo gak salah pas processing,
hasil first arrival time dari lapangan akan dibandingkan dgn raytracing(?),
jadi kalau ada perbedaan yg terlalu besar maka first arrival time-nya
akan digeser.

semoga membantu info ini.

Paulus

----