Re: Pembajakan Software

  • From: "Hermawan Haryanto" <hermawanharyanto@xxxxxxxxx>
  • To: andrinur@xxxxxxxxxxxxx
  • Date: Wed, 29 Aug 2007 08:39:59 +0700

Memang benar bahwa sepagai profesional IT kita memiliki tanggung jawab
secara moril untuk memperjuangkan pemakaian software asli. Tapi di lain sisi
kita juga di minta oleh perusahaan untuk menekan budget agar pasokan dana
dapat digunakan sebaik mungkin untuk mencukup semua operasi. Harga
software-software asli tidaklah murah yang berada di pasaran dan pastinya
software-software versi GPL (Glodok Public License) jauh lebih murah
daripada software-software aslinya. Bahkan ada CD kumpulan software yang
dapat di beli dengan hanya Rp. 20.000,- (dua puluh ribu rupiah) saja.

Solusi yang menurut saya lebih reliable pada saat krisis seperti ini ya
dengan menggunakan piranti lunak yang gratis, tidak berbayar dan dengan
dukungan yang luas.

Sebagai bahan wacana, saat ini di kampus saya seluruh komputer staff,
perpustakaan dan laboratorium yang jumlahnya sekitar 500 buah sudah
menggunakan sistem operasi Linux (Slackware) dengan dicarikan
padanan-padanan aplikasi yang berjalan di atasnya. Hal ini terjadi
dikarenakan sejak pertengahan tahun lalu kami dipaksa (terpaksa?) untuk
tidak meneruskan kerjasama dengan pihak Microsoft untuk seluruh lisensi
mereka.

Just my 2 cent,

Kalau menurut kasus diatas, biaya bukanlah penghalang bagi mereka untuk

--
Hermawan Haryanto
Senior Programmer, Red Rock Reef LLC