(no subject)

  • From: "ahmad taufik" <ahmad_tfk@xxxxxxxxx>
  • To: "tea-corner@xxxxxxxxxxxxx" <tea-corner@xxxxxxxxxxxxx>
  • Date: Wed, 11 Apr 2012 04:58:04 +0000

Artikel – Kenapa Pusing Dengan Kelemahan Orang Lain?

Hore, Hari Baru! Teman-teman.

Biasanya orang pusing karena kelebihan orang lain. Mereka punya mobil baru,
kita kesal. Mereka yang naik pangkat, kita yang sebal. Kelebihan apapun yang
dimiliki orang lain, bisa membuat kita pusing tujuh keliling. Tapi, ada juga
lho orang yang justru pusing karena orang lain mempunyai kelemahan. Emang ada?
Oooh, banyak banget orang yang justru pusing gara-gara kelemahan orang lain.
Emang Anda tidak pusing? Misalnya, ni ye; atasan kita pemarah, lha kok kita
yang pusing? Teman kantor suka membolos, kita yang kesal. Pesaing terdekat kita
senang menjilat atasan, malah kita yang jadi panas hati. Ternyata, lebih banyak
orang yang pusing karena kelemahan orang lain daripada gara-gara kelebihan
mereka. So, what? Hmmh, implikasinya banyak sekali lho...

Dikisahkan ada seorang guru kebijaksanaan yang memiliki 2 murid. Diakhir
pelajaran, beliau menugaskan kedua muridnya untuk mengembara, sambil saling
mengawasi satu sama lain. Sang guru ingin mengetahui siapa murid yang paling
sedikit berbuat kesalahan. Di akhir pengembaraan, sang guru memanggil sang
murid dan memberinya kesempatan untuk membeberkan kesalahan temannya. Murid
pertama, menceritakan seluruh kesalahan temannya. Jumlahnya banyak sekali. Lalu
tiba giliran murid kedua. Dihadapan gurunya dia berkata; ”Guru, teman saya ini
melakukan kesalahan yang sama banyaknya dengan saya. Namun, mengingat begitu
banyaknya kesalahan yang sudah saya lakukan; saya tidak punya lagi waktu untuk
menceritakan kesalahan teman saya. Sekarang saya mohon diri untuk melakukan
perbaikan.” Lalu sang murid pamit. Kepada murid pertama, sang guru memberi
hadiah berupa segenggam emas sesuai yang dijanjikannya. Kepada murid kedua,
sang guru memberikan seluruh hidupnya untuk menemaninya melakukan perbaikan.
Perbaikan diri, hanya mendatangi orang-orang yang menyadari kelemahan dirinya
sendiri, bukan mereka yang memusingkan diri dengan kesalahan dan kelemahan
orang lain. Bagi Anda yang tertarik menemani saya membebaskan diri dari rasa
pusing karena kelemahan orang lain, saya ajak memulainya dengan mempraktekkan 5
prinsip Natural Intelligence berikut ini:1. Perbaiki diri sendiri terlebih
dahulu. Anda masih ingat petunjuk keselamatan di pesawat terbang? Jika tekanan
udara turun, segera gunakan masker oksigen. Jika ingin membantu orang lain,
Anda sendirilah yang harus terlebih dahulu menggunakan masker oksigen itu. Sama
dengan kelemahan-kelemahan yang kita saksikan. Tidak ada manusia yang tidak
memiliki kelemahan. Semua kita begitu. Maka sebelum mengurusi kelemahan orang
lain, sebaiknya kita terlebih dahulu membenahi kelemahan diri kita sendiri.
Jika Anda mendahulukan masker oksigen orang lain, maka Anda sendiri yang mati,
dan orang lain belum tentu tertolong. Jika Anda lebih mengurusi kekurangan
orang lain, maka boleh jadi; Anda akan selamanya buruk. Padahal belum tentu
orang lain itu berhasil Anda ajak untuk menjadi lebih baik. Orang yang diberi
masker oksigen tidak akan berdebat; “Lha, kok Anda nyuruh saya pake masker?
Anda sendiri tidak pake masker?” Dia akan langsung terima masker yang Anda
sodorkan. Tapi, jika Anda mengajak orang lain untuk melakukan perbaikan
sementara Anda sendiri masih kacau, maka dia akan berkata;”Ngacalah, kau!” Beda
jika Anda sudah menunjukkan kesediaan untuk melakukan perbaikan. Anda bisa
mengatakan; “my personal improvement is in progress. So, let’s do it together…”

2. Ambil peluang yang disembunyikannya. Seperti keping matauang, semua hal
memiliki dua sisi yang saling berseberangan. Atasan atau rekan kerja Anda di
kantor, mungkin mengecewakan Anda. Terserah Anda, mau memandangnya dari sisi
yang mana. Anda boleh melihatnya sebagai ancaman; ”kalau begini terus, karir
gua bisa terancam.” Atau dari sisi sebaliknya; ”nah, inilah peluang buat gue
untuk menunjukkan siapa yang pantas mendapatkannya.” Saya mengajak Anda untuk
melihatnya dengan cara kedua. Kalau Anda punya atasan yang ’kurang oke’ –
misalnya – sebaiknya itu memacu Anda untuk menjadi pribadi yang oke, dong.
Bukannya menggerutu dan mengomel terus. Toh akan ada saatnya ketika atasan Anda
akan turun tahta. Bahkan, boleh jadi saat tidak terduga itu sudah dekat. Mana
tahu? Daripada mengeluh terus, kan mending memastikan bahwa Anda sudah siap
untuk saat penting itu. Jangan sampai kalau sudah jadi pejabat, ternyata Anda
juga sama tidak oke-nya. Kolega Anda yang tidak oke? Nape elo yang sewot? Malah
bagus untuk menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang lebih baik. Apapun yang
Anda alami, selalu menyimpan peluang dan ancaman. Jika Anda ingin segalanya
menjadi indah, ambil peluangnya.3.

Antisipasi dampak negatifnya.Teman Anda, mungkin memang sedang merencanakan
sesuatu untuk menjegal. Atasan Anda mungkin memang tidak adil. Baru mungkin,
karena tidak ada bukti yang menyokong argumentasinya. Baru mungkin. Karena
boleh jadi itu hanyalah perasaan Anda saja. Tetapi, bagaimana jika itu benar?
Sekecil apapun kemungkinan itu, jika Anda sudah melihat gelagatnya maka patut
untuk mengantisipasi dampak negatifnya. Dampak paling besarnya adalah efek
kepada perasaan dan emosi Anda. Jika perilaku mereka berhasil membuat emosi
Anda tidak stabil, mengomel, menggerutu, lalu bereaksi negatif; maka Anda
kalah. Makanya, penting untuk menjaga agar jangan sampai emosi atau mental Anda
terimbas dampaknya. Setelah itu, barulah Anda pikirkan dampaknya pada karir
Anda. Baik keberlangsungannya, maupun perkembangannya. Anda bahkan bisa
memetakan seberapa besar dampaknya yang mungkin terjadi. Dan sebelum itu
terjadi, Anda sudah bisa melakukan antisipasi. Kebanyakan orang sibuk mengurusi
perilaku negatif orang lain dengan melawan atau menentangnya. Padahal, itu
hanya buang-buang waktu saja. Percuma. Mending Anda gunakan energi menggerutu
itu untuk mengantisipasi dampak negatifnya bagi diri dan karir Anda. Sehingga
jika hal itu terjadi, Anda tidak kaget lagi. Toh sudah bisa Anda perkirakan.
Dan Anda, sudah punya exit stretegynya secara handal. Jika Anda mampu begitu,
maka tak seorangpun bisa ’ngerjain’ Anda.

4. Tingkatkan kualitas hubungan dengan jaringan. Banyak orang yang mengabaikan
pentingnya membangun jaringan dengan orang-orang dalam perusahaan. Ada yang
karena sungkan. Malas. Atau merasa tidak ada perlunya. Sejak menjadi seorang
salesman pada tingkatan paling rendah, saya sudah bisa punya akses kepada
Presiden Direktur. Beliau bukan saudara saya. Bukan pula kenalan orang tua
saya. Tapi saya menjadi satu-satunya karyawan dari level paling rendah yang
bisa berkomunikasi dengan baliau. Mungkin itu agak ekstrim. Anda bisa membangun
hubungan yang baik itu dengan rekan-rekan atau manager dari departemen lain.
Pastikan dalam membangun hubungan itu Anda menunjukkan aspek-aspek positif dan
unggul yang Anda miliki. Bukan untuk mengelabui, tapi untuk membiasakan diri
tampil dengan performa yang tinggi. Jika Anda mempunyai hubungan yang bagus
dalam jaringan di perusahaan Anda, maka sangat sulit untuk menjatuhkan Anda.
Anggap saja atasan dan kolega Anda rada kurang fair pada Anda. Tapi hubungan
bagus Anda di berbagai departemen lain, bisa menjadi benteng pelindung Anda.
Bagaimana jika atasan dan kolega Anda justru orang-orang yang baik? Itu jauh
lebih bagus lagi, kan? So, apapun kondisinya; cobalah untuk meningkatkan
kualitas hubungan dengan jaringan di departemen lain di perusahaan Anda.

5. Terus berbaik sangkalah pada mereka. Penilaian Anda terhadap atasan atau
teman bisa saja salah. Kalaupun mereka melakukannya, belum tentu disertai niat
untuk menjatuhkan Anda. Jika atasan Anda bawel, misalnya. Atau menimpakan
pekerjaan yang sulit hanya pada Anda. Boleh jadi itu bukan karena dia tidak
sayang pada Anda. Mungkin memang begitu caranya untuk menggembleng Anda.
Berburuk sangka para atasan yang seperti itu? Rugi, Anda. Teman yang Anda nilai
tukang serobot itu. Belum tentu dia melakukannya untuk menyingkirkan Anda. Ini
zaman persaingan ketat, bung. Segalanya mesti serba cepat. Serba lugas. Dan
serba kompetitif. Menjadi orang yang gampang tersinggung di zaman ini rada
tidak cocok. Orang ambisius sering terlihat arogan. Padahal bukan arogan.
Orang-orang yang disiplin sering dikira galak. Orang-orang tegas sering dituduh
tidak toleran. Berbaik sangkalah kepada mereka agar hati Anda lebih tenteram
saat menghadapinya. Ada baiknya untuk mewaspadai kemungkinan perlakuan buruk
orang lain pada kita. Tetapi, waspada tidak sama artinya dengan curiga.
Tetaplah waspada, dan tetaplah berprasangka baik. Karena dengan begitu, Anda
bisa tetap terjaga dari ancaman yang datang dari luar. Juga terjaga dari noda
mental yang datang dari diri Anda sendiri. Dengan begitu, Anda tidak akan
terpengaruh oleh sifat buruk yang menjadi kelemahan orang lain.

Kita mungkin sudah lama terbebas dari rasa iri atas kelebihan orang lain. Kita
tidak merasa kesal lagi jika tetangga memberi hand phone baru, tv baru, atau
mobil baru. Kita sudah cukup dewasa untuk menyikapi hal itu. Tetapi, kita
sering tidak sadar telah terpengaruh oleh kelemahan dan kekurangan orang lain.
Padahal, ketika menemukan kelemahan orang lain melalui perilaku buruknya kepada
kita; sebenarnya Tuhan sedang memberi kita kesempatan untuk menjadi pribadi
yang jauh lebih baik daripada mereka. So, mulai sekarang. Setiap

kali melihat kelemahan orang lain, langsung setting mental Anda untuk mengambil
hikmah darinya. Agar semakin hari, diri kita menjadi semakin baik. Sehingga
suatu saat nanti, kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik.

Mari Berbagi Semangat!

DEKA - Dadang Kadarusman – 28 Oktober 2011Penulis buku ”Natural Intelligence
Leadership” (Tahap editing di penerbit)Catatan Kaki:

Orang yang melakukan tindakan buruk dihadapan kita sebenarnya sedang
mengatakan; ”tolong, jangan lakukan tindakan seperti ini...”

Silakan di-share jika naskah ini Anda nilai bermanfaat bagi yang lain, langsung
saja; tidak usah minta izin dulu. Tapi tolong, jangan diklaim sebagai tulisan
Anda sendiri supaya pahala Anda tidak berkurang karenanya.