[breaktime-corner] Suka Sambal? Coba yang Satu Ini!

  • From: "gunawan prakoso" <gunawan.prakoso@xxxxxxxxx>
  • To: <tea-corner@xxxxxxxxxxxxx>
  • Date: Fri, 13 Jan 2012 22:33:06 +0700

Suka Sambal? Coba yang Satu Ini!

Siapa yang tak suka sambal? Menu yang berbahan utama cabai ini merupakan
bagian yang tidak terpisahkan dari kuliner nusantara. Dan hampir semua orang
di negeri ini pun selalu menyertakan sambal dalam menu makan sehari-hari.
Tak lengkap rasanya kalau makan nasi, lauk dan sayur jika tanpa sambal
sebagai pendampingnya.

Berawal dari info dan rekomendasi seorang teman mengenai salah satu tempat
kuliner yang menawarkan menu berbagai macam sambal, saya pun mencoba untuk
mampir ke tempat yang dimaksud tersebut hari Minggu, 8 Januari yang lalu.
Kebetulan tempatnya tidak jauh dari tempat tinggal saya. Tempat yang
dimaksud adalah Waroeng Spesial Sambal (SS) yang berlokasi di salah satu
ruko di perumahan Citra Raya, Tangerang.

Begitu masuk, saya pun mengambil duduk di salah satu kursi. Selain duduk di
kursi, ada juga tempat lesehan yang bisa dipilih. Saya pun melihat daftar
menu yang terdiri dari sambal, lauk, nasi, sayuran dan minuman. Sambal yang
ditawarkan pun beraneka macam seperti sambal terasi, sambal teri, sambal
tahu, sambal tempe, sambal lombok ijo, sambal bajak, sambal kecap, sambal
mangga muda dan masih banyak yang lainnya. Dari bermacam-macam pilihan
tersebut, akhirnya saya pun memesan dua jenis sambal yaitu sambal teri dan
sambal tempe, dan juga nasi putih, ikan bawal goreng, sayur asem dan air
jeruk.

Bawal goreng, sambal teri dan sambal tempe (dok. pribadi)

Beberapa menit kemudian, pesanan saya pun datang. Bawal goreng dan sambal
ditempatkan dalam cobek berdiameter sekitar 15 senti. Saya pun menikmati
menu-menu yang membuat ngiler ini. Sambal teri yang dihidangkan benar-benar
pedas untuk lidah saya. Sementara sambal tempe lumayan pedas di samping rasa
khas tempe yang dikukus. Keringat pun bercucuran di wajah yang membuat saya
berkali-kali mengambil tissue untuk menyekanya sembari menikmati menu
tersebut. Pokoknya benar-benar mak nyuss!

Sambal teri yang pedas abis !!! (dok. pribadi)

Sambal tempe, enaaak tenan !!! (dok. pribadi)

Dari sumber-sumber yang ada, Warung SS sendiri awalnya berdiri di
Yogyakarta. Berdirinya Waroeng SS berangkat dari kegemaran pendirinya, Yoyok
yang suka akan sambal. Warung SS yang pertama atau Waroeng SS-01 berdiri
pada tahun 2002 di Jl Kaliurang sebelah barat Grha Sabha Pramana UGM yang
buka dari jam 5 sore sampai 10 malam. Tak disangka, respon masyarakat pun
positif.

Wareong SS pun mulai berkembang dan membuka cabang seperti Waroeng SS-02 di
Condong Catur - Sleman, Waroeng SS-03 di Seturan arah ke Babarsari dan
seterusnya. Dari situs Waroeng SS <http://waroengss.com/> , saat ini sudah
banyak cabang yang tersebar di Pulau Jawa, yang meliputi Yogyakarta, Jawa
Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat dan juga Jabodetabek.

Bermacam sambal (sumber: waroengss.com)

Dan saat saya berkunjung ke sana, saya sempat membaca sebuah pajangan di
dinding dekat tempat duduk saya berisi nasihat "benci itu rugi" yang cukup
inspiratif, seperti di bawah ini.

benci itu rugi (sumber: waroengss.com)

Penasaran dengan rasa pedas Waroeng SS? Datangi saja warungnya. Tandanya
jelas, yaitu ada gambar maskot SS berupa orang-orangan berbentuk cabai merah
besar mengenakan kaca mata. Namanya Mr Huh Hah.