[breaktime-corner] Kawah Putih: Objek Wisata Cantik Di Bandung Selatan (Ciwidey)

  • From: "gunawan prakoso" <gunawan.prakoso@xxxxxxxxx>
  • To: <tea-corner@xxxxxxxxxxxxx>
  • Date: Mon, 5 Dec 2011 18:55:59 +0700

<http://wisbenbae.blogspot.com/2011/12/kawah-putih-objek-wisata-cantik-di.ht
ml> Kawah Putih: Objek Wisata Cantik Di Bandung Selatan (Ciwidey)

 kawah putih
<http://i107.photobucket.com/albums/m289/styo/Medan-Bandung-Lampung/Day%208/
P1000390.jpg>

Berbicara mengenai Ciwidey rasanya tak bisa lepas dari Kawah Putih. Bahkan
menurut saya dan mungkin sebagian orang yang mengatakan bahwa Ciwidey cukup
identik dengan Kawah Putih. Padahal objek wisata di Ciwidey nggak cuma Kawah
Putih saja. Masih ada objek yang lain seperti Rancaupas, Rancabali,
Cimanggu, Situ Patenggang, dan lain sebagainya. Namun sepertinya pesona
Kawah Putih yang paling memikat wisatawan dibanding beberapa objek wisata
lain yang ada di Ciwidey.

Dengan namanya yang cukup terkenal tentu membuat siapapun tertarik untuk
mengunjungi Kawah Putih, termasuk saya. Setelah menempuh perjalanan selama
dua jam dari Bandung ke Ciwidey akhirnya saya sampai juga di pintu gerbang
Kawah Putih. Tiket masuk ke Kawah Putih ini lumayan mahal yaitu 13.000 saat
weekday dan 15.000 untuk weekend. Itu hanya untuk orang saja loh. Kalau Anda
bawa kendaraan bakal lebih mahal lagi terutama untuk kendaraan roda empat
yang tiketnya sampai 150.000 per mobil. Gila nggak tuh? Harga segitu belum
termasuk orang di dalamnya. Saya juga nggak habis pikir kenapa tarif untuk
masuk mobil bisa semahal itu. Untuk kendaraan roda dua sih masih tergolong
murah hanya 5.000/motor. Sekarang bisa Anda pikir-pikir lagi kan kalau
kesana dengan mobil sendiri. Bisa dikira-kira berapa pengeluaran yang
dihabiskan untuk satu objek ini saja.

 kawah putih
<http://i107.photobucket.com/albums/m289/styo/Medan-Bandung-Lampung/Day%208/
P1000380.jpg>

Nah dari pintu masuk sampai ke kawah ini masih cukup jauh, berjarak kurang
lebih 5-6 km. Mau jalan kaki? Ya monggo! Gempor pastinya karena jalannya
lumayan menanjak. Alternatif angkutan untuk naik ke kawah bagi yang tidak
membawa kendaraan ada tiga. Pertama adalah naik mobil van yang sudah
disediakan dengan membayar 10.000 kalau saya nggak salah. Ini juga baru akan
berangkat kalau mobil terisi penuh. Biasanya yang naik adalah rombongan
wisatawan yang menggunakan bus karena bus tidak bisa masuk sampai parkiran
atas dekat kawah. Kedua, menyewa motor dengan harga 50.000-80.000
(tergantung nego) yang bisa dipakai sampai sore hari atau sampai Anda pulang
dari Kawah Putih. Alternatif yang ketiga adalah menggunakan jasa ojek. Saya
kali ini lebih memilih jasa ojek karena kalau naik mobil van akan menunggu
tak menentu. Saya membayar ojek 25.000 dari pintu masuk ke kawah PP. Itupun
nawarnya udah ngotot sampai urat leher keluar semua. Gimana nggak, dengan
jarak yang 6 km itu masa' minta ongkos 45.000 PP. Padahal umumnya dengan
jarak yang sama 20.000 PP juga udah bagus. *traveler pelit*

Kawah Putih merupakan sebuah kawah yang berada pada ketinggian 2.225 meter
di atas permukaan laut. Dengan berada pada ketinggian tersebut tentu udara
disini sangat sejuk dan angin berhembus cukup kencang. Konon dulunya kawah
ini merupakan bekas letusan dari Gunung Patuha yang dianggap orang Ciwidey
sebagai gunung tertua. Mendekati lokasi kawah, bau belereng tercium cukup
menyengat. Bagi Anda yang tidak cukup kuat dengan bau belerang tersebut Anda
bisa membeli masker dengan harga 5.000. Cukup murah kan? Tapi kalau nggak
mau beli juga bukan masalah kok.

 kawah putih
<http://i107.photobucket.com/albums/m289/styo/Medan-Bandung-Lampung/Day%208/
P1000400.jpg>
 kawah putih
<http://i107.photobucket.com/albums/m289/styo/Medan-Bandung-Lampung/Day%208/
P1000406.jpg>

Saya sampai di lokasi Kawah Putih saat siang hari. Begitu melihat
pemandangan disana saya langsung takjub. Wow!! Pemandangannya benar-benar
sangat indah. Terdapat danau-danau dengan air yang putih kehijauan.
Tanah-tanah di sekeliling kawah juga pastinya berwarna putih. Pepohonan yang
berada di dekat kawah terlihat cukup gersang bahkan hanya berupa batang
saja, tetapi yang jauh dari kawah terlihat sangat hijau. Begitu kontras..
Terlebih lagi langit yang sangat bersih berwarna biru menghias di atas
kawah. Dan dengan melihat pemandangan ini saya langsung bisa menyimpulkan
kalau Kawah Putih merupakan tempat yang paling indah, paling bagus, dan
paling wah yang saya kunjungi di antara objek-objek wisata lain selama saya
di Bandung. Mungkin lebay sih, tapi itulah pendapat saya. Pokoknya tempat
ini bagus banget buat ajang foto-foto. Nggak salah sih kalau disana saya
banyak melihat rombongan ABG yang bernarsis ria. Nggak cuma ABG ding, tapi
rata-rata pengunjung begitu.. :D

Meskipun Anda bisa sampai di daratan yang berada di tengah-tengah kawah,
tapi sebaiknya jangan lama-lama berada disana. Pengunjung hanya disarankan
berada di dekat kawah selama 15 menit saja. Lebih dari itu pernafasan bisa
terganggu. Saya yang cukup menikmati pemandangan ini mengabaikan anjuran
tersebut. Saya berada di dekat kawah cukup lama. Efeknya kepala mulai pusing
dan mulai batuk-batuk. Wah efek menghirup udara belerang terlalu lama nih.
Daripada kenapa-kenapa mending segera minggir agak jauh dari kawah untuk
menghirup udara segar. Ya walaupun cantik tapi Anda nggak bisa berlama-lama
dengannya.

 kawah putih
<http://i107.photobucket.com/albums/m289/styo/Medan-Bandung-Lampung/Day%208/
P1000417.jpg>

 kawah putih
<http://i107.photobucket.com/albums/m289/styo/Medan-Bandung-Lampung/Day%208/
P1000463.jpg>

Selain kawah yang cantik disini saya juga menemukan hal lain yang menarik.
Ada seorang bapak-bapak yang bermain kecapi dengan merdunya di bawah
pepohonan yang rimbun. Apalagi yang dimainkan adalah lagu-lagu Sunda. Hmm..
Nice!! Saya cukup menikmati petikan irama kecapi sembari melihat indahnya
pemandangan kawah dari jauh. Oh ya, kalau saya nggak salah ingat disini juga
ada goa. Cuma goanya nggak boleh dimasukin karena khawatir akan runtuh.
Melihat kondisinya juga sepertinya agak riskan untuk masuk kesana.

Kawah Putih memang cantik dan sangat saya rekomendasikan untuk dikunjungi.
Tetapi masih ada hal lain yang saya soroti. Dengan harga tiket yang selangit
terutama bagi pengguna kendaraan roda empat, namun kondisi jalan ke kawah
cukup sempit dan sudah cukup banyak lubang. Terkadang motor pun harus
berbagi jalan dengan mobil cukup mepet. Selain itu juga fasilitas seperti
toilet dan mushola yang cukup memprihatinkan. Sangat tidak representatif
mengingat tiket masuknya yang mahal dan pengunjungnya juga nggak pernah
sepi. Pertanyaannya, duitnya lari kemana ya? *tanya pada rumput yang
bergoyang*

<https://blogger.googleusercontent.com/tracker/2633317843377668026-645752148
5211446669?l=www.wijanarko.net>

JPEG image