[ak93-feua] Re: Akuntan "laku"

06/08/2007, 17:03, gatot prasetyo gatotpras@xxxxxxxxx wrote:

> Halo semua,

> aku mau nanya2 pengalaman ato kondisi perusahaan
> masing2 tentang akuntan yg laku ato disukai oleh
> perusahaan2 itu yg bagaimana sih..

Yang bisa relesase report tepat waktu dengan opini unqualified dan
dengan harga yang tidak mahal. ;)

> yang paham benar aturan2 psak, pajak dan lain2 trus
> menjalankannya dengan letter lux, taat asas, gak mau
> neko2... ato yg bisa nyari2 celah buat menambah laba,
> mengurangi pajak, dividen, menyembunyikan fraud dll.
> dan sampe sejauh mana biasanya tuntutan2 dari
> perusahaan terhadap akuntannya

Setahuku selama aku menjadi auditor di Deloitte, perusahaan nggak bisa
begitu saja mengatur auditor. semua harus sesuai rule.

Contohnya ada salah satu perusahaan yang mendapat opini disclaimer karena
transaksi
derivatif- swap option yang tidak dapat diselesaikan karena saling
klaim bahwa masing-masing wanprestasi.untuk berhubungan lagi dengan
perusahaan counterpart yang menangani hedging tersebut, perusahaan
klienku tidak mau karena costly dan tidak ada lagi yang dikenal.
Deloitte tetap tidak mau mengubah opini, sampai akhirnya klien
memberikan opini legal dari Herbert Smith (Singapura) bahwa transaksi
tersebut sudah time barred. dan kami harus juga konsultasi sampai
ke Risk Management Partner yang di Hongkong dan juga harus bayar
lawyer yang ditunjuk Deloitte sendiri sebagai penguat audit evidense
bahwa opini legal tadi itu bisa mengubah opini disclaimer tersebut.

Risiko bagi auditor besar banget, apalagi big4. setahuku Deloitte
setiap 2 tahun sekali ada tim Asia Pasific yang memeriksa standar
pekerjaan di Indonesia dan mereka ketat banget dan sudah ngasih
warning "bila kalian tidak mau bekerja secara baik (sesuai standar
Deloitte) dan bersih, maka kami yang akan membersihkan kalian."

Dan untuk bisa selalu memenuhi standar tersebut, kami harus selalu
belajar dan update ilmu. Dulu ada technical advisor yang setiap bulan
selalu mengadakan tes untuk kemampuan menghapal dan menerapkan PSAK
dll.

Eh tapi kembali ke pertanyaan Gatot, apakah akuntan seperti itu laku?
ya tergantung Perusahannya. Bila perusahaan bonafide, pasti cari
akuntan yang terkenal independen, dan big4 aja lebih aman.. hehe..

--
Terima Kasih.

Arsip: http://www.freelists.org/archives/ak93-feua